Ingin Bebas Animea? Konsumsilah Makanan Penambah Darah

0
38
Makanan Penambah Darah.
Makanan Penambah Darah.

Elahan.com, Anemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi karena kekurangan zat besi sehingga tubuh menjadi tidak dapat untuk memproduksi hemoglobin yang cukup. Karena tidak cukupnya hemoglobin maka sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh penjuru tubuh menjadi berkurang sehingga tubuh kamu menjadi lemas dan lelah. Untuk mengembalikan keadaan tubuh atau untuk mencegah agar tubuh tidak anemia, maka Anda harus mengkonsumsi makanan penambah darah.

Makanan Penambah Darah.
Makanan Penambah Darah.

Banyak jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk menambah darah Anda sehingga kamu tetap dapat beraktivitas dengan semangat. Namun, makanan dengan kandungan nutrisi berikut yang bagus untuk dikonsumsi. Pertama adalah makanan yang mengandung zat besi. Zat besi dapat membantu untuk menambah darah sehingga masalah anemia dapat teratasi. Terdapat beberapa sumber zat besi seperti daging merah misalnya kambing atau sapi, daging organ dalam, sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, kismis kering dan kuning telur.

Masing-masing orang memiliki kebutuhan akan zat besi yang berbeda. Misalnya untuk bayi, asupan zat besi yang diperlukan adalah sebesar 11 mh per harinya. Untuk anak berusia dibawah 12 bulan, maka sebaiknya diberikan ASI eksklusif dan hindari untuk memberikan susu sapi, kambing ataupun susu kedelai jika anak kamu berusia kurang dari 1 tahun. Setelah usia 1 tahun, jangan terlalu diberikan banyak susu karena dapat membuat bayi menjadi kenyang dan tidak terlalu suka untuk makan besar.

Kedua adalah makan yang mengandung asam folat. Contoh makanan penambah darah yang mengandung asam folat adalah bayam, kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang kering, roti dan sereal. Asam folat atau yang lebih dikenal sebagai vitamin B9 ini adalah jenis vitamin B kompleks yang dapat berperan dalam membuat sel darah merah baru sehingga akan mengurangi resiko kamu menderita anemia.

Ketiga adalah makanan yang mengandung vitamin B12 yang merupakan vitamin B-kompleks yang berperan dalam produksi sel darah merah yang ada di sumsum tulang belakang serta berperan dalam sintetis DNA.

Makanan Penambah Darah.
Makanan Penambah Darah.

Jika kamu kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan masalah kesehatan yaitu anemia megaloblastik yaitu kondisi dimana sel darah merahnya masih belum matang atau besar-besar sehingga tidak mampu untuk menyimpan ataupun mengangkut oksigen ke seluruh jaringan yang ada di tubuh. Jenis makanan yang mengandung vitamin B12 diantaranya adalah telur, susu, daging merah seperti daging kambing ataupun daging sapi, hati sapi, sereal, produk susu, ikan.

Keempat adalah makanan yang mengandung protein yang tinggi misalnya kacang-kacangan, telur, daging dan ikan. Bagi yang menderita darah rendah, terdapat makanan penambah darah yang dapat kamu sediakan di rumah Anda sehingga darah kamu tetap stabil dan tidak mengganggu kesehatan walaupun Anda memiliki tekanan darah rendah, diantaranya yaitu:

  • Hati. Dalam hati ayam, terkandung zat besi sebanyak 9 mg per 100 gr. Selain hati ayam, kamu juga dapat memilih hati sapi sebagai pilihan tepat untuk mencegah anemia dan menambah darah.
  • Makanan laut seperti ikan yang terkenal kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan zat besi. Akan tetapi, pilih jenis makanan laut yang tidak menimbulkan alergi untuk kamu.
  • Daging sapi memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat berperan aktif untuk menambah darah. Akan tetapi, hindari mengkonsumsi berlebihan karena dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
  • Beras merah tidak hanya mengandung serat yang tinggi yang bagus untuk diet ataupun untuk menurunkan kolesterol namun juga bagus untuk mencegah anemia karena kandungan zat besinya.

Nah itulah makanan penambah darah yang dapat mengatasi anemia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here