Kurangi Kadar Garam Dalam Tubuh Dengan Diet DASH

0
7
Mengurangi Hipertensi dengan Diet Dash
Tips Diet Dash

Elahan.com, Diet DASH dikenal sebagai diet sehat yang membantu mengurangi kadar garam yang ada di dalam tubuh. Manusia memang membutuhkan kadar garam di dalam tubuhnya, akan tetapi kelebihan kadar garam juga akan berimbas negatif bagi tubuh.

Diet Dash merupakan kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, diciptakan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan orang yang menderita darah tinggi dan bukan bertujuan untuk mengurangi berat badan dengan instan. Penurunannya bertahap dan bisa bertahan jangka panjang.

Darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit yang memiliki risiko bawaan seperti serangan jantung, gagal jantung hingga stroke. Di Tiongkok, penyakit darah tinggi menjadi penyakit tidak menular (PTM) nomor satu penyebab lebih dari satu juta kematian setiap tahun.

Diet Dash untuk Mengurangi Kadar Garam dalam Tubuh
Diet Dash berguna untuk mengurangi resiko darah tinggi atau hipertensi

Diet ini biasanya dilakukan sepanjang tahun sampai terbentuk kebiasaan makan yang baik. Walaupun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, metode yang harus dijalankan tidak terlalu sulit. Aturan frekuensi makan tetap 3x sehari dengan porsi makanan mencakup 2000 kalori per hari.

Bagi anda yang ingin menekuninya, anda bisa mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi beras merah. Jika ingin mengkonsumsi roti, pilih roti gandum tanpa menambahkan keju, coklat dan mentega (6 sampai 8 sajian per hari).

Makanan untuk Diet Dash
Konsumsi Nasi Merah untuk Diet Dash

Sayuran dan buah buahan yang dikonsumsi juga harus yang kaya akan magnesium dan potassium seperti pisang, pilih sayuran segar daripada sayuran beku (4 sampai 5 sajian per hari)

Walaupun begitu, bukan berarti anda tidak bisa mengkonsumsi makanan protein lainnya seperti susu dan daging. Untuk susu, pilih yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak (2 sampai 3 sajian per hari), untuk daging, buang kulit dari daging dan pengolahannya adalah dengan dipanggang, direbus.

Inti dari metode diet dash adalah makanan yang melalui sedikit proses pemasakan (whole food), tanpa ada pantangan makanan tertentu. Pembatasan yang utama adalah makanan yang diproses, konsumsi lemak, gula, dan garam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here