Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Jahit Mini Portable Dan Mesin Jahit Tangan

0
50
Mesin Jahit Portable.
Mesin Jahit Portable.

Elahan.com, Meskipun kita tidak tidak memiliki profesi menjadi seorang penjahit, namun tetap saja kita membutuhkan alat untuk menjahit untuk kebutuhan dirumah. Karena dengan begitu kita dapat membetulkan beberapa pakaian atau kain yang memang membutuhkan sebuah jahitan, tidak perlu mesin jahit besar kita dapat menggunakan mesin jahit mini portable dan mesin jahit tangan.

Kedua jenis mesin jahit tersebut memang memiliki fungsi yang sangat menguntungkan, ketika kita membutuhkan sebuah jahitan kecil. Tentunya kita tidak mungkin harus pergi ke tukang jahit, karena kita dapat menjahitnya sendiri menggunakan mesin jahit portable dan mesin jahit tangan.

Namun sebelum itu mari kita mengenal terlebih dahulu pada kedua jenis mesin jahit tersebut, serta melihat apa kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis mesin jahit tersebut.

Mesin Jahit Tangan

Mesin jahit tangan merupakan jenis mesin jahit dengan ukuran mini yang sering disebut dengan mesin jahit staples karena memiliki bentuk yang hampir mirip dengan staples. Jenis mesin jahit ini memiliki ukuran yang sangat kecil dengan hasil jahitan yang sangat standar.

Mesin Jahit Portable.
Mesin Jahit Portable.

Jahitan yang dihasilkan hampir mirip seperti rantai karena hanya menggunakan satu benang saja. Dengan ukurannya yang hanya segenggam tangan, jenis mesin jahit ini memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu hanya sekitar puluhan ribu rupiah saja.

Mesin Jahit Portable

Mesin jahit ini merupakan jenis mesin jahit yang memiliki ukuran mini atau kecil dengan pengoperasian mesin yang hampir mirip dengan mesin jahit pada umumnya. Bedanya adalah jenis mesin ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan.

Mesin Jahit Portable.
Mesin Jahit Portable.

Secara umum, hasil jahitan dari mesin jahit ini hampir mirip dengan mesin jahit besar karena jenis mesin jahit ini menggunakan 1 benang spool dan 1 benang sekoci.

Jenis mesin jahit mini portable ini memiliki harga yang bervarian sesuai dengan mereknya. Beberapa diantarnya menggunakan baterai dan juga tenaga listrik. Jadi, jika sedang mati listrik maka tidak perlu khawatir karena mesin ini memiliki baterai, namun penggunaannya dalam waktu tertentu saja.

Penggunaan mesin jahit mini dalam kegiatan jahit menjahit memberikan banyak kelebihan dan juga kekurangan yang dapat dirasakan oleh penggunanya.

Nah, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan jenis mesin jahit portable:

Kelebihan:

  • Secara umum semua mesin jahit yang memiliki bentuk mini atau kecil di pasaran memiliki harga yang sangat murah dan terjangkau oleh siapa saja.
  • Semua jenis mesin jahit ukuran mini memiliki bentuk yang kecil dan ringan sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana saja.
  • Memiliki dynamo atau baterai sehingga saat terjadi mati listrik maka tidak perlu khawatir karena penggunaannya bisa menggunakan daya baterai.
  • Merupakan jenis mesin jahit yang memiliki pola pengoperasian yang sangat mudah sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh para pemula maupun anak-anak. Untuk itu jenis mesin jahit ini sangat baik digunakan sebagai sarana belajar menjahit.
  • Beberapa jenis mesin jahit ini memiliki desain jahitan yang cantik dan menarik.

Kekurangan:

  • Merupakan jenis mesin jahit yang menggunakan bahan dasar plastik sehingga lebih body mesin relatif ringkih.
  • Dalam penggunaannya kurang bisa digunakan untuk menjahit pakaian yang menggunakan bahan tebal seperti jeans, tas dan lain sebagainya.
  • Mesin jahit dengan ukuran mini biasanya tidak memiliki garansi resmi seperti jenis mesin jahit portable.
  • Jika digunakan untuk kebutuhan bisnis seperti konveksi maka jenis mesin jahit ukuran mini kurang cocok untuk digunakan.

Nah itu dia mesin jahit mini portable dan mesin jahit tangan, serta kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu lihat dan kamu pertimbangkan sebelum membelinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here