Valentino Rossi si Raja Tikungan

0
7
Valentino Rossi, raja tikungan
Valentino Rossi memang dikenal sebagai raja tikungan

Elahan.com, Jika anda penggemar olahraga balap motor seperti Moto GP, pastinya anda tahu siapa yang dijuluki sebagai raja tikungan. Dialah Valentino Rossi, di banyak laganya seringkali ia menunjukan kelihaianya membalap lawan-lawan di tikungan. Itulah kenapa Rossi mendapat julukan sebagai si Raja tikungan.

Berkali-kali Rossi memperlihatkan kepandaian dirinya ditikungan. Kalah di trek lurus tapi unggul di tikungan. Dari hasil analisa, Rossi sangat kuat di late braking.

Kelihaian Rossi di tikungan besar kemungkinanya dipengaruhi karena motor Yamaha yang dinaikinya itu memang diketahui sebagai corner-speed bike. Selain Yamaha, Suzuki juga menganut hal serupa.

Berbeda halnya dengan motor Ducati yang kencang saat berada di trek lurus. Sementara Honda cukup stabil di keduanya. Corner-speed bike didesain memiliki sasis yang sudut-sudutnya memiliki fleksibilitas lateral untuk tetap terhubung saat motor menikung sekalipun derajat kemiringannya tinggi. Sehingga motor bisa melaju lebih cepat saat berada di tikungan.

Valentino Rossi, raja tikungan
Valentino Rossi memang dikenal sebagai raja tikungan

Sementara motor-motor seperti Ducati didesain dengan bentuk Point and Shot. Desain ini dibuat lebih kaku agar saat pengereman mendalam bisa lebih stabil dan bisa bermanuver di tikungan dengan radius pendek.

Selain itu, faktor kelihaian pribadi Rossi mengambil timing juga banyak mempengaruhi performanya di tikungan. Rossi sangat pandai mengatur timing tutup-bukaan gas, saat menikung Rossi menggelantung bukaan gas, saat keluar tikungan di buka pelan – pelan dengan sangat halus. Keahlian ini tidak gampang dilakukan oleh pembalap lain.

Tiap pembalap Moto GP memang memiliki ciri khas masing-masing saat mereka berada di arena balap. Ada juga pembalap yang mengandalkan dan sangat lihai jika berada di garis lurus seperti Daniel Marquez dengan motor Honda-nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here