4 Fakta Jelang Pelantikan Presiden, Jadwal Berubah hingga Adanya Rencana Demo

0
24
Bambang Soesatyo usulkan jadwal pelantikan presiden
Bambang Soesatyo usulkan jadwal pelantikan presiden jadi pukul 14.00 WIB

Elahan.com, Pelantikan Presiden Jokowi akan dilangsungkan pada Minggu, 20 Oktober 2019. Jadwal pelantikan ini tidak bisa dimajukan atau dimundurkan karena sudah ditetapkan sejak awal oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan tetap dilantik pada tanggal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Meskipun ada suara yang meminta agar dimajukan dengan pelbagai alasan, namun siklus lima tahunan masa jabatan tersebut sudah ditetapkan sejak 2004 dilakukan setiap tanggal 20 Oktober.

Kabar terbaru menyebut Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo memutuskan pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin akan diselenggaran pada Minggu siang pukul 14.00 WIB. Ini mundur dari rencana paling awal yang akan diadakan pada Minggu pagi pukl 10.00 WIB.

Alasan Jadwal Berubah

Rencana awal pelantikan presiden ini akan diadakan pada pukul 10.00 WIB pada hari Minggu. Kemudian, dimundurkan waktunya menjadi pukul 16.00 WIB di hari yang sama.

Alasannya agar dapat memberikan waktu bagi umat kristiani dan umat lainnya untuk melaksanakan ibadah di hari Minggu pagi. Hal ini demi mengedepankan toleransi antar sesama umat beragama.

Jelang pelantikan presiden
Jadwal pelantikan presiden sempat beberapa kali berubah

Selain itu, Bamsoet juga tidak ingin mengganggu kegiatan masyarakat di Minggu pagi yang bebas kendaraan (car free day) yang biasanya digelar di beberapa jalan ibu kota. Banyaknya jalan yang ditutup karena CFD ditakutkan dapat mengganggu kelancaran lalu lintas bagi tamu negara yang akan menghadiri pelantikan.

Namun, usai rapat pimpinan tertutup di Senayan, pada Rabu kemarin, 9 Oktober 2019, akhirnya MPR memutuskan agar pelantikan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB d hari yang sama. Usulan tersebut akan disampaikan pada pihak istana.

Pertimbangan mengganti dari sore menjadi siang adalah karena berdekatan dengan jadwal sholat maghrib. Sehingga dimajukan pada pukul 14.00 WIB. Pada waktu tersebut berbagai kegiatan sudah selesai dilaksanakan. Baik itu CFD, waktu solat Dzuhur, serta waktu ibadah umat Kristiani.

100 Persen Kekuatan TNI Angkatan Darat Dikerahkan

TNI Angkatan Darat juga akan turut berpartisipasi mengamankan hingga hari pelantikan. Pengerahan kekuatan ini untuk mengamankan dan menciptakan kondisi yang bagus. Meskipun yang dilibatkan bukan satuan tempur melainkan satuan teritorial.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal andika Perkasa, hampir 100 persen kekuatan AD akan dikerahkan, meskipun mereka tidak dijadikan stand by force. Praktiknya, semua akan fokus ke arah sana, baik itu untuk mengindentifikasi, serta membantu menciptakan kondisi yang kondusif.

Akan Mengundang Kandidat Pasangan Prabowo-Sandiaga

Prabowo-sandi
Prabowo-sandi akan diundang pada pelantikan presiden

Pada pelantikan hari Minggu nanti, MPR akan mengundang secara langsung mantan-mantan presiden RI, diantaranya Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, MPR juga akan mendatangi pasangan kandidat Pilpres Prabowo dan Sandiaga Uno serta Jokowi-Ma’ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

Akan Ada Demo Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia akan menggelar demo saat pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin pada 20 Oktober nanti. Langkah mahasiswa tersebut disebut pihak sebagai langkah tak bijaksana.

Menurut Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay dilansir dari detik.com, mengatakan bahwa menyampaikan pendapat itu adalah hak semua warga negara yang dijamin UUD Namun akan lebih bijaksana agar pendapat tersebut disampaikan di waktu yang tepat. Sehingga aspirasi yang dibawa dapat tersampaikan dengan baik.

Mahasiswa berencana menggelar kembali demo jika Presiden Jokowi masih belum memberikan pernyataan sikap soal penerbitan Perpu KPK. BEM SI masih akan menyampaikan poin yang sama saat menggelar demo beberapa waktu lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here