5 Fakta Tentang Kabinet Indonesia Maju 2019-2024

0
7
Kabinet Indonesia Maju
Kabinet Indonesia Maju diisi dari berbagai kalangan mulai dari partai politik, TNI, hingga profesional.

Elahan.com, Setelah dirinya dilantik pada Minggu 20 Oktober 2019 lalu, Presiden Joko Widodo 3 hari berselang setelah pelantikannya resmi mengumumkan para menteri yang akan membantu pemerintahannya di periode 2019-2024 dan Jokowi memberi nama kabinet barunya ini sebagai Kabinet Indoesia Maju. Rabu 23 Oktober 2019, Presiden Jokowi ditemani dengan sang Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Veranda Istana Kepresidenan mengumumkan nama-nama siapa saja yang akan membantunya di kabinet jilid II ini.

“Pagi ini saya akan kenalkan Kabinet Indonesia Maju yang lima tahun ke depan kami akan fokus untuk mengembangkan SDM, pencptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan UMKM” begitu kata Jokowi ketika membuka sesi pengenalan jajaran menteri barunya.

Berikut adalah sejumlah fakta tentang Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf:

Tiga Kementerian Berubah Nomenklatur

Nama menteri di Kabinet Indonesia Maju telah diumumkan, kabinet yang berisikan empat menteri koordinator, 30 menteri teknis, dan empat orang pejabat setingkat menteri ini tercatat ada tiga kementerian yang mengalami perubahan nomenklatur.

Ketiga kementerian itu antara lain Kementeriaan Koordinator Bidang Kemaritiman diubah menjadi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang dipimpin oleh Luhut Pandjaitan. Kementerian yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan ini bertugas memberikan terobosan-terobosan dalam rangka menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, dalam menangani hambatan investasi serta merealisasikan komitmen-komitmen investasi besar.

Selanjutnya ada Kementerian Pariwisata yang diubah menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kementerian yang dipimpin oleh kalangan profesional Wishnutama ini mengurusi urusan pariwisata, ekonomi kreatif, dan sepuluh destinasi wisata baru.

Terakhir ada Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang berganti nama menjadi Kementerian Reset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional. Kementerian ini dipimpin oleh mantan Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.

Susi dan Wiranto Terdepak

Pada Kabinet Jokowi-Ma’ruf periode 2019-2024 tidak lagi menyertakan nama Susi Pudjiastuti dan Wiranto. Posisi yang dijabat oleh mereka sebelumnya ini telah digantikan oleh Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Wiranto yang digantikan oleh Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Prabowo Gabung Kabinet Jokowi

Prabowo Subianto ditunjuk jadi Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

Pada Senin 21 Oktober 2019 terlihat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto datang ke Istana Negara dengan mengenakan kemeja putih bersama dengan Edhy Prabowo yang namanya telah disebut-sebut bakal bergabung ke kabinet Jokowi. Kemunculannya ke Istana bukanlah tanpa sebab, Ia dipanggil oleh Jokowi, dan usai pertemuannya dengan Jokowi, Prabowo mengatakan bahwa dirinya diminta untuk menangani soal pertahanan. Hal ini pun menjadi tanda bahwa Prabowo akan segera bergabung ke dalam kabinet Jokowi.

Benar saja, pada 23 Oktober 2019 Prabowo kembali datang ke Istana Negara bersama Edhy Prabowo mengenakan kemeja batik dan dirinya pun disebut oleh Presdien Jokowi menempati jabatan Menteri Pertahanan.

Menteri Agama dari Kalangan Militer Pertama Di Era Reformasi

Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menempati posisi Menteri Agama di Kabinet Indonesia Maju. Kabar ini membuat sebagian orang merasa tak menyangka jika kementerian yang membidangi keagamaan di Indonesia ini dipimpin dari kalangan militer di era reformasi yang sebelumnya kementerian dipimpin orang-orang dari kalangan sipil, baik tokoh publik, profesional sampai partai politik.

Pria kelahiran Aceh 72 tahun lalu ini selain dulu aktif di dunia militer, ia juga menjadi Ketua Tim Bravo 5 yang merupakan salah satu kelompok relawan kemenangan Jokowi-Ma’ruf. Selain itu dirinya juga aktif di bidang bisnis, serta bidang sosial dan agama.

Target Pencapaian Kabinet Indonesia Maju

Pada momen pengenalan jajaran menteri kabinetnya, Presiden Jokowi sempat menyebutkan tujuan Kabinet Indonesia Maju. Tujuan-tujuan ini antara lain fokus di sektor ekonomi seperti membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan jika lima tahun ke depan kabinet ini akan fokus pada pengembangan SDM dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan membangun usaha kecil, mikro, dan menengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here