9 Fakta Unik Mengenai Negara Korea Utara, Ada Hukuman 3 Generasi Juga!

0
8
Korea Utara
Fakta-fakta menarik soal Korea Utara

Elahan.com, Korea Utara memang menjadi negara yang unik dan berbeda dari negara-negara lainnya. Negara ini juga sangat tertutup dari sorotan dunia luar. Sehingga banyak sekali hal menarik yang dibahas soal negara yang dipimpin Kim Jong Un ini. Berikut beberapa faktanya.

1. Memiliki Presiden Abadi

Korea Utara dipimpin oleh presiden abadi. Inilah satu-satunya negara yang mendeklarasikan Kim II Sung sebagai presiden selamanya. Kini, Korut dipimpin oleh Kim Jong Un, cucu dari Kim II Sung, yang mengemban tugass sebagai Komandan Militer serta Ketua Partai Pekerja. Meski cucu dari pemimpin pertama, Kim Jong Un tidak punya status sebagai presiden abadi sebagaimana Kim II Sung.

2. Masyarakat yang Terisolasi

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa kehidupan masyarakat Korut sangat terisolasi dari kondisi dunia luar. Hal ini disebabkan karena adanya pembatasan dari pemerintah terhadap akses media maupun internet. Masyarakat juga tidak berani melanggar, sebab akan mendapat hukuman yang berat.

3. Tidak Boleh Memiliki Nama yang Sama dengan Pemimpin

Bagi penduduk Korut, jangan coba-coba untuk menamai anaknya dengan nama pemimpin. Seperti memberi nama anak dengan nama Kim Jong Un, meskipun saat itu Kim Jong Un belum menjadi pemimpin. Jika sudah terlanjur, maka orangtua harus menggantinya setelah itu. Berlaku di kepemimpinan Kim II Sung serta Kim Jong II.

4. Pemilihan Presiden Sekali 5 Tahun Sekadar Formalitas

Fakta unik Korea Utara
9 Fakta unik Korea Utara

Di Korut tetap dilaksanakan pemilihan umum satu kali dalam lima tahun, sama seperti Indonesia. Namun, di hari pemilihan, hanya ada satu nama kandidat di surat suara, yaitu Kim Jong Un. Lagipula, masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya akan mendapatkan hukuman.

5. Gaya Potongan Rambut Tidak Boleh Sembarangan

Di Korut hanya ada total 28 gaya potongan rambut, 10 model untuk pria dan 18 model potongan rambut wanita. Masyarakat juga hanya diizinkan untuk memilih model potongan rambut yang sudah ditentukan.

6. Tidak Memiliki Aturan Penggunaan Narkoba

Wajar jika penggunaan narkoba di kalangan masyarakat Korut sering terjadi. Hal ini karena tidak adanya Undang-undang pneggunaan bahan-bahan terlarang seperti ganja, metth, opium, dan sebagainya. Jual beli narkoba di tengah masyarakat sudah menjadi hal biasa. Namun, masyarakat memanfaatkan narkoba untuk doping yang menambah produktivitas kerja, bukan untuk bersenang-senang.

7. Adanya Hukuman 3 Generasi

Hukuman yang paling banyak dikecam masyarakat dunia adalah adanya “Hukuman 3 Generasi” di Korut. Hukuman ini memang keji dan jahat. Sebab, masyarakat yang dijatuhi hukuman ini akan mendekam di penjara seumur bersama seluruh anggota keluarganya di sebuah kamp kerja paksa. Parahnya lagi, tidak hanya mereka, bahkan hingga 2 generasi setelahnya masih akan berada di kamp tersebut seumur hidupnya.

8. Korea Utara Tidak Merayakan Natal

Sebagai negara komunis, mereka tidak merayakan berbagai hari agama, termasuk tidak merayakan natal. Sebagai gantinya, setiap tanggal 24 Desember, mereka memperingati hari lahir ibu dari Presiden Kim Jong-II.

9. Penduduk yang Padat

Korea Utara menjadi negara terpadat kelima di dunia. Menurut data pada Juli 2010 lalu, jumlah penduduk Korut berjumlah 22 juta. Tidak seperti China yang menjadi negara terpadat nomor 1 di dunia, ataupun Amerika Serikat yang menjadi negara terpadat ketiga, namun Korut memiliki wilayah yang cukup kecil. Selain itu, banyak juga informasi yang menyebut bahwa negara ini tidak mengontrol angka kelahiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here