Acara Seru Untuk Sambut HUT RI Ke-74, Jangan Sampai Kelewatan !

0
3
sambut HUT RI ke-74
sambut HUT RI ke-74

Elahan.com, Jelang hari kemerdekaan, berbagai fasilitas umum hingga objek wisata di Jakarta ikut memeriahkan hari peringatan kemerdekaan Indonesia. Mulai dari pegawai Transjakarta yang menghias halte busway dengan ornamen kemerdekaan hingga perlombaan dayung yang dilakukan di Kali Pasar Baru. Berikut sejumlah acara yang diadakan untuk sambut HUT RI ke-74 :

‘Veteran’ di Halte Transjakarta

Terlihat pemandangan unik sehari menjelang hari kemerdekaan Indonesia ke-74 di halte busway Harmoni, Jakarta Pusat. Pemandangan ini beda dari hari lainnya, tampak pegawai  Transjakarta ikut sambut HUT RI ke-74 seperti petugas kasir, petugas penjaga gate, serta petugas pengarah penumpang yang berada di halte busway mengenakan kostum khas veteran. Kostum veteran ini berupa seragam kemeja dengan lengan pendek beserta celana panjang, dilengkapi dengan peci berwarna senada dan selempang merah-putih sebagai simbol bendera Indonesia. K

Kesemarakan kemerdekaan ini terlihat juga pada hiasan yang bernuansa merah-putih yang dipasang di bagian atap halte, sepeti dekorasi pada umumnya yaitu bendera segitiga dan papan yang bertuliskan 74 TH SDM Unggul Indonesia Maju yang menjadi tempa peringatan kemerdekaan tahun ini.

Festival Cahaya di Monas

Selain itu ada pertujukan menarik dalam rangka menyambut HUT RI ke-74, yaitu ada Festival of Light alias Festival Cahaya yang saat ini tengah di gelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Berdasarkan unggahan akun Instagram resmi @monumen.nasional, acara Festival Cahaya ini dimulai pada 15 Agustus hingga 25 Agustus 2019.

Festival Cahaya ini memamerkan banyak replika dengan tema kemerdekaan, seperti rumah proklamasi yang dihiasi oleh cahaya wakrna-warni yang dilengkapi dengan suara pembacaan teks proklamasi oleh replika tokoh perjuangan Soekarno dan Mohammad Hatta.

Selain itu ada juga replika tokoh perjuangan lainnya seperti Jenderal Soedirman dan Pangeran Jayakarta, dan replika kapal yang dijadikan sebagai tempat pertunjukan musik. Terdapat juga jembatan cahaya dan beraneka ragam replika bunga yang dihiasi dengan lampu warna-warni yang menambah keindahannya.

Salah seorang pengunjung yang berasal dari Cikini megaku senang dapat menikmati suasana malam sambil mendengarkan alunan musik.

Lomba 17-an di Wahana Air Ricastro Waterzone

Wahana wisata air yang terletak di daerah Serpong, Tangerang ini ikut memeriahkan perayaan HUT RI. Terdapat lima kolam renang yang akan digunakan sebagai area perlombaan menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

Perlombaan menarik yang akan diselenggarakan antara lain perang bantal di atas kolam renang, tarik tambang di dalam air, mencari koin dalam air dan masih banyak lagi. CEO Ricaztro Waterzone Ardinata Ginting mengatakan siapa pun bebas untuk mendaftar dalam perlombaan ini dan tidak dipungut biaya apapun.

Perlombaan Tradisional di Depok

Sebuah pusat perbelanjaan ternama di Depok ikut serta dalam memeriahkan perayaan HUT RI ke-74. Mereka menyelenggarakan berbagai acara dan salah satunya perlombaan tradisional yang sangat seru. Perlombaan ini akan diadakan mulai 16 Agustus hingga 18 Agustus 2019.

Lomba-lomba yang akan diselenggarakan seperti lomba makan kerupuk, lomba kelereng, lomba memasukan paku ke dalam bootol, lomba balap terong, lomba kipas balon, serta lomba tangkap belut.

Tujuan diselenggarakannya lomba-lomba seperti ini untuk membuat generasi muda Indonesia dapat mengenal dan menikmati perlombaan tradisional nan legendaris yang selalu dilaksanakan setiap peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Lomba Dayung di Pasar Baru Jakarta

sambut HUT RI ke-74
Lomba dayung di Kali Pasar Baru dalam rangka sambut HUT RI ke-74.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengadakan lomba dayung untuk memeriahkan HUT RI di Kali Pasar Baru. Lomba dayung ini mengambil garis awal di Kali Pasar Baru atau di salah satu jembatan di depan Hotel Antara.

Camat Sawah Besar Prasetyo Kurniawan mengatakan perlombaan itu bakal diikuti oleh 68 tim yang selurunya adalah para pegawai di lingkungan Pemkot Jakarta Pusat, mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, unit kerja perangkat daerah setempat hingga instansi BUMD.

Sejumlah pegawai dari kelurahan hingga petugas gabungan PJLP dan PPSU akan ikut terlibat dalam lomba besat yang diadakan setahun sekali ini. Masing-masing tim di dalam babak penyisikan terdiri dari enam orang yang berada di dalam satu perahu karet. Babak final lomba dayung ini akan diadakan pada hari Minggu 18 Agustus 2019.

Saat ini lomba dayung telah dilaksanakan, selain ada perlombaan di sepanjang kawasan Jalan Antara diadakan senam pagi yang diikuti oleh pegawai lingkungan Pemkot Jakarta Pusat serta pasar dadakan yang diikuti oleh pelaku UMKM yang juga digelar di sepanjang Jalan Antara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here