Ada Potensi Tsunami di Bandara NYIA Jogja Menurut Para Ahli

0
96
Ilustrasi tsunami (istimewa)
Ilustrasi tsunami (istimewa)

elahan.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah mengadakan kajian empiris. Peneliti Widjo Kongko mengatakan, ada potensi tsunami yang bisa mencapai tinggi 10-15 meter. Potensi bencana tersebut berada di subduksi selatan Jawa dan akan mengancap Pantai Selatan Jawa.

Dia juga mengatakan New Yogyakarta International Airport (NYIA) berpotensi terkena dampaknya. NYIA merupakan bandara baru yang masih dalam pembangunan terletak di Kabupaten Kulon Progo.

Bencana tersebut bisa terjadi disebabkan di selatan Jawa terdapat megathrust. Megathust tersebut adalah tumbukan atau tabrakan dua lempeng besar dan berpotensi magnitude gempa mencapai 9 skala Richter.

“Saya kira setiap pembangunan infrastruktur yang ada di Jawa bagian Selatan seharusnya memperhatikan ini. Terkait dengan tsunami, katakanlah ada 8,5 skala Richter bisa dengan kajian terakhir bisa sampai magnitude 9, itu yang diwaspadai,” kata Widjo Kongko

“Topografi bawah laut mengindikasikan ada palung yang dalam di daerah subduksi sehingga akan ada potensi gempa bumi yang dahsyat,” lanjutnya.

Widjo juga telah memperkirakan model bencana tersebut dari tahun 2013. Menurut penjelasannya, bencana ini berpotensi sama dahsyatnya dengan yang terjadi di negara matahari terbit Jepang pada 11 maret 2011.

Bencana yang terjadi di Tohoku atau Sendai itu merupakan tsunami paling dahsyat di abad ke 21. Tinggi gelombangnya mencapai 10 meter dengan kecepatan mencapai 800 km/jam. Korbannya berjumlah 18.000 yang tewas dan 2.500 orang hilang.

Walaupun Jepang merupakan salah satu negara yang paling maju di bidang riset gempa bumi dan penanggulangan bencana. Negara dengan julukan matahari terbit ini memiliki catatan mengerikan terkait gempa bumi dan tsunami.

Widjo juga mengharapkan pemerintah agar menyiapkan mitigasi adanya gempa bumi dan tsunami. Dia juga belum mengetahui dengan detail soal kajian potensi gempa dan tsunami dari Kemenhub dan PT Angkasa Pura.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura menyatakan sudah memiliki sistem mitigasi bencana dalam pembangunan bandara NYIA. Corporate Communication PT Angkasa Pura Awaluddin mengatakan mitigasi tersebut adalah hasil kajian para ahli tsunami di Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here