Ahmad Dhani Diterbangkan ke Surabaya Untuk Jalani Sidang

0
42
Ahmad Dhani diterbangkan ke Surabaya untuk jalani sidang
Ahmad Dhani diterbangkan ke Surabaya untuk jalani sidang (istimewa)

elahan.com – Terdakwa kasus penyebaran ujaran kebencian, Ahmad Dhani diterbangkan ke Surabaya untuk menjalani sidang. Sidang tersebut digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya atas dugaan kasus pencemaran nama baik.

“Pesawat pertama pagi ya, berangkat pukul 04.20 WIB. Karena kan sidangnya di Surabaya pagi,” ucap Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Oga Darmawan.

“Cuma tadi kejaksaan bilang ke kami. Kan kami tanya ‘kenapa kok pagi-pagi?’ Jaksanya bilang soalnya sidangnya di Surabaya pagi. Jadi kalau nanti jaksa tidak bisa menghadirkan dia dipersidangan atau terlambat kan jaksanya yang kena tegur dari pengadilan,” lanjutnya.

Sementara itu, pemindahan penahanan sementara Ahmad Dhani ke Rutan Klas I Surabaya telah dibatalkan. Karena Dhani harus menghadiri sidang kasus pencemaran nama baik karena ujaran ‘idiot’ di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

“Jadi Mas Dhani tidak akan dipindahkan ke Rutan Surabaya, hanya menghadiri sidang. Setelah sidang, dia akan langsung balik ke Jakarta,” kata Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Aldwin Rahardian Megantara.

Aldwin juga mengatakan alasan pembatalan pemindahan politikus Partai Gerindra tersebut. Hal itu dikarenakan Kejaksaan Negeri Surabaya dan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur tidak memiliki kewenangan untuk menahan kliennya.

“Jaksa itu meminjam, tidak (ada) kewenangan menahan, atau meminjam ke Rutan Cipinang. Jadi ketika sidang sudah selesai, seharusnya ya balik lagi ke Jakarta,” kata Aldwin.

Dia mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomitmen akan siap jika harus bolak-balik Jakarta-Surabaya untuk mengikuti proses hukumnya.

“Kami siap komitmen riwa-riwi, hal ini kan tinggal bagaimana mekanisme antara Kejaksaan Negeri Surabaya saja. Dhani dan kuasa hukum tidak ada yang dipermasalahkan, kamis siap-siap saja,” ujar Aldwin.

Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim, Pargiyono juga membetulkan pembatalan pemindahan tersebut. Menurut informasi yang mereka dapat, Dhani akan langsung menghadiri persidangan pada Kamis (7/2/2019) pagi.

“Rencana awalnya kan memang dipindahkan ke Rutan Medaeng. Namun sekitar 15 menit yang lalu, kami mendapat telpon dari Kejari Surabaya. Mereka memberi tahu bahwa pemindahan itu tidak jadi sore ini. Namun besok pagi langsung ke PN Surabaya,” ucap Pargiyono, Rabu (6/2/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here