Ahmad Riza Patria Terpilih Menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

0
11
Wakil Gubernur DKI Jakarta
Ahmad Riza Patria Terpilih Menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

elahan.com, Ahamd Riza Patria terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta dalam rapat paripurna (rapur) pemilihan wagub. Rapat tersebut dilaksanakan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (6/4/2020). Dalam pemilihan tersebut sebanyak 100 anggota menggunakan hak pilihnya. A Riza sapaan akrabnya, menang atas Nurmansjah Lubis perwakilan dari PKS.

Dalam perolehan suara, A Riza mendapatkan 81 suara sedangkan Nurmansjah mendapat 17 suara dan suara tidak sah sebanyak 2 suara. Proses selanjutnya, DPRD DKI Jakarta akan melaporkan hasil pemilihan kepada Kementerian Dalam Negeri.

Sebagai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada A Riza atas terpilihnya menjadi wagub DKI Jakarta. Setelah sejak 2018 lalu Anies bekerja tanpa wakil karena Sandiaga memilih mundur untuk maju mencalonkan wakil presiden bersama Prabowo, kini Anies telah memiliki pendamping dalam memimpin Jakarta.

Annies juga berharap bisa bekerja sama dengan Ahmad Riza Patria di sisa periode jabatan yang akan berakhir pada 2022. “Saya mengucapkan selamat dan Insha Allah kami bisa kerja sama dengan baik,” ujar Anies saat ditemui di Balai Kota, Senin 6 April 2020.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini meminta agar proses penetapan Riza sebagai wakil gubernur segera diselesaikan sehingga bisa mulai bekerja di Pemprov DKI. Termasuk menyerahkan nama ke Kementerian Dalam Negeri agar segela dilantik. “Berdasarkan PP Nomor 12 tahun 2018 nanti proses ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada presiden melalui Mendagri sesudah itu pelantikan,” ujar Anies.

Ahmad Riza Patria sebelumnya merupakan anggota DPR RI Komisi V dari Partai Gerindra. Sebelum terpilih menjadi Wagub, dia telah mengundurkan diri. Riza berjanji akan langsung bekerja mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan setelah resmi dilantik sebagai Wagub.

“Tugas saya kan belum boleh bekerja, setelah dilantik nanti. Saya sebagai Wagub terpilih, masih menunggu SK, Keppers, menunggu proses pelantikan, setelah dilantik nanti baru bekerja mendampingi Pak Anies Baswedan,” kata Riza saat dihubungi, Senin (6/4/2020).

Riza mengaku akan bekerja extra dan mengejar ketertinggalan selama kursi Wagub DKI kosong. Menurut Riza, dirinya akan bekerja ekstra keras, apalagi dalam masa pandemi virus Corona ini. “Itu dalam keadaan normal aja ketinggalan kan 2,5 tahun saya, apalagi dalam keadaan sekarang ada masalah, Corona, wah berarti saya harus kerja lebih ekstra lagi,” imbuhnya.

“Tadi ngobrol sama Pak Gubernur, sempat ngobrol sebentar. Nanti Pak Anies akan mengundang khusus saya, dan akan memberikan tugas kepada saya. Sesuai dengan perundang-undangan kan saya tugasnya membantu Gubernur, memimpin, mengkoordinasikan, memantau, memberi saran, pertimbangan, kemudian melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Gubernur atau peraturan perundang-undangan lainnya,” tutur Riza.

Mengenai pelantikannya sebagai wakil gubernur DKI Jakarta di tengah wabah Corona, Riza menyerahkan waktu dan tata cara pelaksanaannya kepada Presiden. Ia mengaku tidak masalah jika harus dilantik dengan protokol khusus untuk pencegahan Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here