Aksi Demo Mahasiswa Tolak RKUHP di 6 Kota dan Respons Jokowi

0
19
Aksi Mahasiswa Tolak RKUHP
Aksi Demo Mahasiswa Tolak RKUHP di beberapa kota

Elahan.com, Ribuan mahasiswa di berbagai kota di Indonesia turun ke jalan untuk menggelar aksi. Tidak hanya aksi di depan gedung DPR, tagar-tagar #GejayanMemanggil serta #MosiTidakPercaya maupun #SaatnyaPeoplePower muncul jadi trending topik kemarin, Senin, 23 Septermber 2019. Semua ini adalah bentuk kekecewaan dan upaya tolak RKUHP dan Revisi UU KPK yang sudah disetujui.

Suara tuntutan hampir sama di seluruh Indonesia, yaitu menolak RUU KUHP dan RUU bermasalah lainnya. Masyarakat kecewa dengan isi yang tertera dalam rancangan undang-undang yang sudah dibahas pemerintah dan DPR.

6 Aksi Demo Mahasiswa tolak RKUHP yang Terjadi Kemarin

1. Demo di Yogyakarta

Demo tolak RKUHP di Yogyakarta
#GejayanMemanggil, Demo tolak RKUHP di Yogyakarta

Meskipun beberapa pihak rektorat kampus di Yogyakarta, seperti UNY, UGM, USD, UIN Sunan Kalijaga, serta UKDW merilis pernyataan tidak terlibat dan mendukung aksi tersebut, ribuan mahasiswa tetap melakukan aksi demo.

Seruan Gejayan Memanggil sudah sejak Minggu malam disebar di berbagai platform media sosial. Gejayan Memanggil merupakan ajakan pada mahasiswa di Jogja untuk turun ke jalan menolak pengesahan revisi UU KPK, RUU KUHP serta rancangan undang-undang yang bermasalah lainnya.

Ribuan mahasiswa berkumpul di pertigaan jalan Gejayan dan jalan Colombo, kemarin. Selain mahasiswa, aksi ini juga melibatkan masyarakat sipil dan LSM. Dalam aksi #GejayanMemanggil ini, setidaknya ada tujug tuntutan, yaitu:

  • Menolak pengesahan RKUHP
  • Mendesak revisi UU KPK
  • Menolak pasal-pasal yang ada di RUU Ketenagakerjaan yang tidak memihak kepentingan buruh
  • Menolak pasal-pasal di RUU Pertanahan
  • Mendesak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) segera disahkan
  • Menuntut agar penangkapan aktivis dihentikan
  • Meminta negara mengadili elite yang sudah merusak lingkungan.

Selain tuntutan tersebut, aliansi juga menyatakan mosi tidak percaya pada DPR dan elite politik sebab sudah mengebiri demokrasi.

2. Demo di Jakarta

Demo tolak RKUHP di Jakarta
Aksi demo mahasiswa tolak RKUHP di Jakarta

Gabungan mahasiswa dari Universitas Indonesia, Universitas Al-Azharm UIN Jakarta, Universitas Kristen Indonesia, serta beberapa kampus lainnya kembali menggelar aksi di depan gedung DPR RI.

Satu suara, aksi demo mahasiswa ini tolak RKUHP, RUU KPK yang sudah disahkan, RUU Pertanahan, RUU Minerba, RUU Ketenagakerjaan, serta RUU Sumber Daya Air.

Aksi yang bertajuk ‘Reformasi Dikorupsi’ yang akan berlangsung pada 23-24 September 2019 di Gedung DPR didukung oleh penggalangan dana publik melalui laman kitabisa.com. Bahkan dana penggalangan tersebut sudah mencapai Rp80 juta dan terus bertambah.

Ini tentu saja membantah adanya narasi bahwa aksi demo mahasiswa ini ditunggangi oleh kepentingan politik atau kepentingan apapun. Sebab ini merupakan gerakan organik dan siapapun bisa berkontribusi.

3. Demo di Bandung

Demo tolak RKUHP terjadi di Bandung
Demo mahasiswa tolak RKUHP terjadi di Bandung

Seribuan mahasiswa dari berbagai eprguruan tinggi yang ada di Bandung juga turut menggelar aksi di depan Gedung DPRD Jawa Barat pada Senin, 23 September 2019. Mereka juga menuntut hal yang sama, menolak pengesahan RUU KUHP dan RUU KPK.

4. Demo di Malang

Aksi tolak RKUHP di Malang
Aksi demo mahasiswa tolak RKUHP di Malang

Tak jauh berbeda dengan demo di kota-kota lainnya, ribuan mahasiswa juga menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kota Malang. Demo tersebut menuntut DPR agar mencabut draft RUU KUHP, RUU Ketenagakerjaan, RUU PAS, serta RUU Pertanahan yang dinilai bermasalah.

Selain itu, mereka juga mendesak agar Jokowi menerbitkan Perppu yang bisa membantalkan RUU KPK yang sudah disahkan oleh DPR dan juga UU SDA. Serta meminta agar segera mengesahkan RUU PKS.

5. Demo di Purwokerto

Demo tolak RKUHP di Purwokerto
Demo tolak RKUHP di Purwokerto, pada Senin, 23 September 2019

Atas nama aliansi mahasiswa Banyumas, ribuan mahasiswa dari berbagai kampus memadati depan Gedung Kabupaten Banyumas, Purwokerto Jawa Tengah. Sama dengan kota-kota lain, aksi ini juga turut menyuarakan penolakan terhadap pengesahan RUU KUHP dan revisi terhadap UU KPK. Serta mendesak agar Presiden segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) KPK.

tas nama aliansi mahasiswa Banyumas, ribuan mahasiswa dari berbagai kampus memadati depan Gedung Kabupaten Banyumas, Purwokerto Jawa Tengah. Sama dengan kota-kota lain, aksi ini juga turut menyuarakan penolakan terhadap pengesahan RUU KUHP dan revisi terhadap UU KPK. Serta mendesak agar Presiden segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) KPK.

6. Demo di Balikpapan dan Samarinda

Demo tolak RKUHP di Balikpapan
Demo mahasiswa tolak RKUHP di Balikpapan kemarin.

Gerakan juga terjadi di depan Gedung DPRD Kalimantan Timur untuk menyuarakan tuntutan yang sama, mendesak Jokowi untuk menerbitkan Perppu KPK. Selain itu, aksi juga terjadi di Balikpapan.

Lantas, bagaimana repons Jokowi atas penolakan RKUHP ini?

Usai bertemu dengan pimpinan DPR dan sejumlah fraksi, Presiden Jokowi, dalam konferensi pers di Istana Merdeka, menyebut sudah meminta DPR RI untuk menunda pengesahan RUU KUHP dan tiga RUU lainnya pada Senin sore. Pengesahan sejumlah RUU dilakukan pada periode 2019-2024.

Namun, menurut Wakil Ketua Komisi III Mulfachri Harahap, pada sidang paripurna yang digelar pada hari ini, 24 September 2019 memang tidak akan mengambil keputusan mengenai pengesahan RUU KUHP. Namun, dia menjelaskan masih ada tiga sidang paripurna lagi menjelang 30 September 2019.

DPR yang masih bertugas hingga akhir bulan ini akan terus memantau dan akan meemutuskan nasib RKUHP akan seperti apa.

Mulfachri juga menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak tolak RKUHP, melainkan hanya meminta agar pengesahannya ditunda saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here