Aksi Protes Tenaga Honorer dan Penyampaian Keluhan Mengenai CPNS

0
53
cpns
cpns

elahan.com, Tes CPNS umum 2018 akan segera digelar. Ratusan tenaga honorer kategori 2 (K2) Kabupaten Ciamis lakukan aksi menolak tes yang dilaksanakan pada tanggal 19 September 2018. Aksi ratusan tenaga honorer ini dilakukan di depan pendopo, Alun-alun Ciamis pada Kamis 13 september 2018. Mencatumkan tanda-tangan dan membubuhkan cap darah pada kain putih yang membentang sepanjang 100 meter.

Darah pada kain berasal dari tangan mereka, dengan cara menusukkan jarum pada salah satu jari tangan mereka. Kemudian, setelah keluar darah langsung dicap ke kain yang sudah disediakan. Any Radiani, selaku koordinator menyampaikan bahwa aksi cap darah sebagai bentuk pengorbanan. K2 telah mengabdi puluhan tahun untuk pemerintah, dan akan terus berjuang, ujarnya.

Alasan mereka menolak CPNS umum karena adanya penyekat batas usia dalam persyaratan maksimal 35 tahun. Sedangkan para honorer K2 umumnya berusia 35 tahun ke atas. Dengan persyaratan itu, Honorer K2 Ciamis menolak adanya tes CPNS umum. Mereka juga meminta Presiden RI Joko Widodo agar honorer K2 untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil.

Belum termasuk persyaratan penyekat pendidikan, Tanggap Ani yang menjadi tenaga honorer di Kelurahan Ciamis. Ani juga mengungkapkan bahwa, telah mengabdi belasan sampai puluhan tahun tetapi tidak dihargai, ujarnya sambil meneteskan air mata.

Hal yang sama disampaikan ribuan tenaga honorer kategori 2 (K2) kepada DPRD Banyuwangi. Mereka mengeluhkan persyaratan rekrutmen CPNS yang membatasi umur dan persayaratan akademik.

Mereka meminta agar pemerintah merevisi persayaratan perekrutan CPNS. Mereka bahkan menggelar istigasah di halaman DPRD Banyuwangi. Berorasi menyampaikan keinginannya. Saat menyuarakan aspiranya, para honorer ini bahkan melakukan istigasah agar keinginan mereka bisa terkabul. Banyak diantara mereka yang terlihat meneteskan air matanya.

Teguh Sumarno selaku Ketua PGRI Banyuwangi, menyampaikan, usia rata-rata honorer K2 usianya sudah diatas 40 tahun. Tentu saja membuat para tenaga honorer tidak masuk dalam kriteria.

Teguh berharap pemerintah bertindak seperti yang pernah disepakati pemerintah dan DPRD pada 23 Juli 2018 lalu. Pemerintah dan DPRD sepakat untuk menuntaskan K2 sampai akhir Desember tahun ini. Menurut teguh keinginan mereka  sederhana, karena sudah mengabdi selama puluhan tahun para wajar jika honorer K2 berharap menjadi PNS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here