Anies Baswedan Himbau Warga Tidak Beri Bantuan Sosial di Jalanan

0
16
anies baswedan
Anies Baswedan Himbau Warga Tidak Beri Bantuan Sosial di Jalanan

elahan.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang warganya yang ingin bersedekah saat bulan suci Ramadan untuk membagikan bantuannya secara langsung di jalanan. Sebab, saat ini pandemi virus corona atau COVID-19 masih belum teratasi. Jakarta diketahui sebagai zona merah virus corona di Indonesia.

“Jangan membagikan sendiri di pinggir jalan. Karena ini merangsang orang berkerumun menunggu pembagian,” kata Anies melalui video YouTube yang diunggah Pemprov DKI Jakarta.

Anies mengatakan, saat bulan puasa Ramadhan banyak orang dari luar Jakarta yang kemudian datang ke ibu kota berharap bantuan warga yang bersedekah di jalanan. Karena hal itu Anies pun menyarankan agar para penyalur bantuan tersebut disalurkan lewat badan amal agar lebih teratur dan sesuai protokol kesehatan.

“Di Jakarta setiap bulan Ramadan begitu banyak dermawan senang bersedekah, rutin jumlahnya banyak. Itu membuat banyak masyarakat ingin menjemput. Saya imbau bersedekah dilakukan lewat jalur berbeda tahun ini,” jelasnya.

Bila ada warga yang datang ke ibu kota dan menggelandang di DKI Jakarta, Anies memastikan mereka akan dibawa oleh aparat ke tempat penampungan seperti gelanggang olahraga (GOR). Di sana mereka akan menjalani pemeriksaan.

“Tidak ada lagi orang yang keluar berkerumun di pinggir jalan, kalau berkerumun diangkat dan dimasukkan ke GOR,” jelasnya.

Setelah melalui pemeriksaan dan penahanan selama minimal 24 jam, mereka akan dipulangkan. Apabila yang terjaring merupakan tunawisma akan diberi tempat tinggal sementara di GOR tersebut.

“Warga Jakarta kesulitan tempat tinggal, kontrak tidak bisa bayar dan mereka butuh tempat sementara, kami akan siapkan. Kita siapkan juga dapur umum dan lainnya di sini. Jangan sampai ada yang terlantar,” ujar Anies Baswedan.

Saat ini DKI Jakarta juga tengah menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Setelah menerapkan PSBB selama 2 pekan, Jakarta mendapatkan hasil baik dengan menurunnya angka positif corona di wilayah Jakarta. Namun ditengah pandemi corona banyak juga masyarakat yang kesulitan ekonomi. Oleh sebab itu, Anies Baswedan meminta jiwa masyarakat ingin member bantuan sosial, baiknya tidak secara langsung turun ke jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here