Anies Baswedan Targetkan Pelican Crossing Mulai Dibangun 30 Juli

0
28
Anies Baswedan targetkan pembangunan pelican crossing mulai 30 Juli
Anies Baswedan targetkan pembangunan pelican crossing dimulai pada 30 Juli

Elahan.com, Setelah menyatakan akan merobohkan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Bundaran HI, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menargetkan pembangunan pelican crossing yang menjadi penggantinya akan dimulai pada 30 Juli mendatang.

“Targetnya tanggal 30 Juli,” ujar Anies saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu, 25 Juli 2018.

Anies juga mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini masih menjalankan survei lapangan untuk pembangunan pelican crossing tersebut. Sementara itu, ia menargetkan pelican crossing dapat digunakan pada 6 Agustus.

Lebih jauh, Ia mengungkapkan bahwa penggunaan pelican crossing hanya sementara. Pelican crossing digunakan sambil menunggu rampungnya penyeberangan bawah tanah. Anies juga berharap pelican crossing ini bisa memudahkan masyarakat dari seluruh lapisan untuk menyeberang jalan.

Untuk sektor keamanan dan keselamatan menyeberang, Anies mengaku akan menginstruksikan petugas dinas perhubungan atau Dishub untuk berjaga di sekitar area pelican crossing. Penjagaan akan dilakukan selama 24 jam penuh.

“Di awal banyak yang belum terbiasa (dengan pelican crossing). Karena itu, kita akan tempatkan (petugas) 24 jam di sana, sambil membiasakan pengemudi dan warga menyeberang sesuai aturannya,” ujar Anies.

Sementara itu, usaha pembanginan penyeberangan bawah tanahnya masih dalam tahap pengukuran. Nantinya, penyeberangan bawah tanah tersebut akan terhubung ke halte TransJakarta serta stasiun MRT.

“Sudah dihitung. Jalur bawah (tanah) akan menyambungkan ke TransJakarta, trotoar kanan-kiri, dan MRT, jadi tempat sudah di disiapkan,” pungkas Anies.

Fasilitas pelican crossing sebenarnya bukan hal baru di Jakarta. Ia sudah ada di depan halte Transjakarta Monas.

Pelican crossing merupakan lampu lalu lintas untuk penyeberangan pejalan kaki. Namun, masyarakat lebih mengenalnya dengan tombol penyeberangan.

Pelican crossing bekerja dengan menekan tombol yang tersedia. Nantinya, lampu tanda boleh menyeberang akan menyala dan pejalan kaki dapat menyeberang.

Fasilitas tersebut akan menggantikan JPO Bundaran HI yang akan dirobohkan atas instruksi dari Anies. Perobohan dilakukan guna mengembalikan pemandangan di daerah tersebut seperti pada tahun 1962.

“Jadi tidak ada yang menghalangi Patung Selamat Datang. Persis saat dulu,” ujar Anies Baswedan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Ahad, 22 Juli 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here