Anita Kolopaking Ditahan di Rutan Bareskrim atas Kasus Djoko Tjandra

0
3
Anita Kolopaking
Anita Kolopaking Ditahan di Rutan Bareskrim atas Kasus Djoko Tjandra

elahan.com, Pengacara Kondang Anita Kolopaking yang juga kuasa hokum Djoko Tjandra Kini mendekam di rutan Bareskrim. Pemilik nama lengkap Anita Dewi Kolopaking selesai diperiksa selama 19 jam sebagai tersangka karena berperan melicinkan pelarian kliennya. Setelah mangkir pada panggilan pertama, Anita akhirnya memenuhi panggilan kedua Bareskrim pada 7 Agustus 2020.

Diketahui, penyidik melontarkan 55 pertanyaan kepada Anita mengenai sepak terjangnya dalam menjadi kuasa hukum buron Djoko Tjandra. Pengacara Djoko Tjandra itu kini berstatus tersangka karena diniali membantu melancarkan pelarian kliennya. Ia juga diduga membantu memalsukan surat jalan atas nama Djoko Tjandra.

Penetapan Anita didukung dengan beberapa bukti dan keterangan 23 saksi. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyatakan bahwa Polri telah memeriksa 20 saksi berlokasi di Jakarta dan 3 saksi di Pontianak. Adapun barang bukti yang sudah diamankan berupa surat jalan, surat bebas COVID-19, dan surat rekomendasi kesehatan yang semuanya adalah atas nama JST (Joko Soegiarto Tjandra).

“Pasal yang ditetapkan adalah Pasal 263 ayat 2 KUHP, yaitu barangsiapa dengan sengaja memakai surat palsu atau dipalsukan seolah-olah sejati jika di pemakaian surat itu dapat menimbulkan kerugian. Kemudian juga kita kenakan Pasal 223 KUHP, yaitu barangsiapa dengan melepas atau memberi pertolongan ketika meloloskan diri orang yang ditahan atas perintah penguasa umum, atas keputusan atau ketetapan hakim, pasal ini yang dipersangkakan,” ujar Argo.

Anita disebut-sebut sebagai kunci antara hubungan Djoko Tjandra dengan Brigjen Prasetijo. Dari 55 pertanyaan yang diberikan kepada Anita Kolopaking, satu diantaranya mengenai keterlibatannya dalam surat jalan Djoko Tjandra. Selain itu, Ia juga dicecar secara detail mengenai keterlibatannya dalam kasus Djoko Tjandra.

“Kemudian yang tadi disampaikan menjembatani ini dalam hal apa saja tentunya ini digali penyidik mulai poin per poin, waktu ke waktu. Tentunya waktu kan berjalan kan tidak langsung jadi begitu. Kemudian ya tadi seputar pelarian juga yang bersangkutan,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono.

Setelah selesai menjalani pemeriksaan selama 19 jam oleh Bareskrim, Anita ditahan di rutan Bareskrim. Menurut Awi, Anita Kolopaking akan ditahan selama 20 hari kedepan. Ia ditahan agar tidak ada upaya melarikan diri hingga menghilangkan barang bukti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here