Arab Saudi Tangguhkan Masjidil Haram dan Nabawi untuk Tarawih dan Itikaf

0
11
Arab Saudi
Arab Saudi Tangguhkan Masjidil Haram dan Nabawi untuk Tarawih dan Itikaf

elahan.com, Arab Saudi memperpanjang masa penangguhan sholat berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi selama Ramadan 2020 untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Selain itu, itikaf atau berdiam diri di dua masjid paling suci dalam Islam itu juga ditangguhkan. Hal ini disampaikan Ketua Urusan Dua Masjid Suci pada Senin di Twitter, menurut laporan Reuters, 21 April 2020.

Menurut Presidensi Dua Masjid Suci itu, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tetap akan menggelar sholat lima waktu dan tarawih selama Ramadan tetapi tanpa jamaah umum sebagai tindakan pencegahan penyebaran Virus Corona jenis baru dan untuk meningkatkan operasi penyemprotan disinfektan.

Ketua Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh Dr. Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais, mengatakan dalam tweet bahwa Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi akan menyiarkan adzan sepanjang bulan Ramadan tetapi akan tetap tertutup bagi para jamaah, menurut laporan Arab News. Pihak berwenang bulan lalu mulai mengintensifkan tindakan pencegahan anti-virus Corona tersebut dan meningkatkan koordinasi antara semua pihak yang peduli dengan keselamatan para jamaah.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Dr. Tawfiq Al-Rabiah mengatakan pada hari Senin (20/4/20) jumlah kasus virus Corona di Kerajaan telah melampaui 10.000 kasus. Al-Rabiah telah memperingatkan lonjakan jumlah kasus dua minggu lalu. Dia mengatakan bahwa peningkatan jumlah kasus COVID-19 di Kerajaan adalah hasil dari pengujian aktif.

Al-Aly mengatakan bahwa 27 persen dari kasus adalah warga Saudi dan 73 persen sisanya adalah ekspatriat. Jumlah total kasus COVID-19 di Kerajaan telah mencapai 10.484. Dari total kasus, 8.891 sedang dalam perawatan dan 88 di antaranya dalam kondisi kritis. Al-Aly mengatakan bahwa 92 pasien telah sembuh, menjadikan total pasien sembuh menjadi 1.490 sementara enam kematian baru telah dilaporkan, meningkatkan angka kematian menjadi 103.

Menjelang bulan Ramadhan, Al-Rabiah mendesak warga dan penduduk untuk mematuhi aturan untuk membantu menahan penyebaran virus Corona. Syekh Mufti Besar Arab Saudi Syekh Abdul Aziz bin Abdullah Al-Sheikh pada hari Jumat juga menyarankan orang untuk melakukan salat Tarawih dan salat Ied di rumah sebagai tindakan pencegahan untuk membantu pihak berwenang memerangi pandemi virus Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here