Banjir Jakarta Jadi Langganan, Pemprov DKI Buat Rumah Panggung

0
3
Banjir Jakarta
Banjir Jakarta Jadi Langganan, Pemprov DKI Buat Rumah Panggung

Elahan.com, Banjir Jakarta sudah jadi bencana alam langganan setiap tahunnya. Kampung Melayu, Jakarta Timur jadi salah satu lokasi langganan banjir. Menanggulangi hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana merenovasi puluhan rumah di Kampung Melayu menjadi model panggung.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar menerangkan bahwa akan ada 40 rumah di RT 13 RW 04, Kampung Melayu yang direnovasi. Renovasi tersebut nantinya akan berkonsep kampung vertikal. Setiap rumah akan dibangun 3 lantai dan bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha.

“Rumah warga akan dibangun berlantai tiga. Untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial,” ujar Anwar melalui akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta.

Pembangunan tersebut akan dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur bersama Baznas DKI dan Karya Bakti TNI. Pihaknya menargetkan pembangunan rumah panggung ini akan rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri mendatang. “Pembangunan ini ditargetkan rampung sebelum Lebaran,” jelasnya.

Rumah panggung akan dibangun dimana pada lantai 1 setinggi 3,2 meter akan dibangun teras, dapur, serta ruang tamu. Sedangkan pada lantai 2 dan 3 yang masing-masing setinggi 2,4 meter dan 3,34 meter akan dibangun kamar tidur dan ruang bersama.

Berdasarkan desain kampung vertical maka akan terbagi menjadi 3 zona, yakni zona pendidikan, zona bermain dan zona ekonomi. Kemudian, ruang terbuka hijau (RTH) akan diposisikan di gang-gang yang tersedia di sekitar situ. Tidak hanya itu, Pemprov DKI juga akan menyediakan tempat pemilihan dan pengolahan sampah.

Seperti diketahui, kawasan Kampung Melayu ini sudah menjadi daerah yang langganan banjir Jakarta. Terhitung sudah delapan kali dilanda banjir pada tahun ini. itu tentu tak mudah bagi para warga yang tinggal disana. Warga pun berharap pemerintah daerah dapat mengeruk Kali Ciliwung di dekat lokasi. Banjir juga tak hanya merendam RT 13 melainkan juga merendam rumah warga di RT 10 dan 11 di RW 5 Kebon Pala 2, Kampung Melayu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here