Batal Puasa, Jangan Lakukan Hal Berikut Selama Ramadan

0
61
Hal-hal yang bisa membuat batal puasa
Hal-hal yang bisa membuat batal puasa

elahan.com, Selama bulan ramadan, kamu harus menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa membuat batal puasa. Pasti semua muslim ingin menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan dengan sempurna.

Tentu kamu tidak mau ibadah menahan lapar dan haus seharian tidak berakhir dengan sia-sia. Tanpa disadari, hal-hal yang membuat batal puasa merupakan hal sepele yang dilakukan tanpa sadar.

Selagi masih beberapa hari berpuasa, yuk, ketahui berbagai hal yang bisa membuat puasa kamu batal.

Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh dengan sengaja

Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh bisa membuat batal puasa
Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh bisa membuat batal puasa

Ketika benda masuk ke dalam salah satu lubang yang ada pada tubuh atau dikenal dengan istilah jauf dalam fiqih, seperti telinga, mulut, dan hidung. Baik itu makanan, minuman atau benda apapun, bisa membuat puasa kamu batal .

Jika kamu baru mengetahui bahwa memasukkan sesuatu ke dalam tubuh secara sengaja atau lupa bisa membatalkan puasa, dan kamu pernah melakukannya, hukum puasa kamu tetap sah kok. Tetapi jika kamu saat berpuasa dan lupa memakan atau minum dalam porsi yang banyak, maka puasa kamu tidak sah meskipun dalam kondisi lupa.

Minum atau memasukkan obat ke dalam tubuh

Hal selanjutnya yang bisa membatalkan puasa di bulan ramadan adalah dengan memasukkan obat atau benda lain dari qubul atau dubur. Biasanya pengobatan ini dilakukan pada penderita penyakit ambeien dan penderita penyakit yang harus memasang kateter urin. Kedua hal ini bisa membuat puasa kamu batal.

Muntah yang disengaja

Muntah dengan sengaja bisa membuat batal puasa
Muntah dengan sengaja bisa membuat batal puasa

Ternyata muntah dengan sengaja bisa membuat puasa batal lho. Kecuali jika tidak singaja atau muntah serta mual dengan tiba-tiba, maka puasa tetap sah dijalankan selama muntahan tersebut tidak ditelan kembali dengan sengaja. Jika kondisi tersebut terjadi, maka puasa yang kamu jalankan tidak sah.

Berhubungan seksual dengan sengaja

Melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis yang disengaja saat berpuasa tentu saja membatalkan puasa. Bahkan ada aturan khusus untuk hal ini, yaitu ada denda jika bersenggama saat berpuasa, yaitu dihukum puasa selama dua bulan berturut-turut. Jika tidak mampu, kamu wajib memberikan makanan pokok sejumlah tiga seperempat liter beras kepada 60 fakir miskin untuk mengganti denda puasa selama 2 bulan. Denda ini sebagai pengganti atas dosa yang sudah diperbuat saat berpuasa, yaitu berhubungan seksual.

Keluarnya air mani

Keluarnya air mani (sperma) saat berpuasa yang disebabkan karena adanya sentuhan kulit dengan lawan jenis tanpa berhubungan seksual atau melakukan onani, bisa membuat batal puasa. Tetapi jika air mani keluar karena mimpi basah, maka masih bisa dilanjutkan dan puasanya sah.

Haid atau nifas saat puasa

Hal-hal yang menyebabkan batal puasa lainnya adalah keluarnya darah haid atau nifas saat puasa. Perempuan yang mengalami periode seperti ini tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun tetap menggantinya atau mengqadha puasa di hari lain. Berbeda dengan solat yang tidak wajib untuk diganti karena tidak ada aturan untuk mengganti solat saat haid atau nifas.

Murtad saat berpuasa

Ketika seseorang keluar dari agama Islam atau mengingkari syariat agama, maka serta merta puasanya juga akan batal. Selain membatalkan puasa, orang yang murtad juga berkewajiban untuk sesegera mungkin mengucapkan syahadat dan mengganti puasanya.

Kondisi gila

Junun atau gila menjadi salah satu yang membatalkan puasa lainnya. Gila saat ramadan bisa membuat batal puasa. Jika seseorang tiba-tiba mengalami gangguan jiwa atau gila saat tengah berpuasa, maka puasa ornag tersebut disebut batal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here