Bencana Alam Tsunami yang Pernah Terjadi Di Indonesia

0
14
Bencana Alam
Bencana Alam Tsunami

elahan.com, Indonesia dikenal sebagai wilayah yang berada di kawasan Ring Of Fire atau Cincin api yang menjadikan Indonesia sangat rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, erupsi gunung api, hingga tsunami. Hal ini terbukti dari catatan jika Indonesia sering kali dilanda sejumlah bencana yang dahsyat bahkan salah satunya diakui sebagai bencana alam paling dahsyat di dunia karena dampaknya bagi sejumlah negara.

Berikut adalah sejumlah bencana alam tsunami yang pernah melanda Indonesia:

Tsunami Di Sumatera

Pada 25 November 1833, Sumatera diguncang wilayah Sumatera. Saat itu diperkirakan gempa yang terjadi di lepas pantai barat Sumatera tersebut berkekuatan 8,8 hingga 9,2 skala richter.

Gempa yang disebabkan oleh pecahnya segmen paling Sumatera sepanjang 1.000 km di bagian tenggaia ini memicu terjadinya gelombang tsunami yang menerjang kawasan pesisir barat Sumatera, terutama wilayah yang dekat dari pusar gempa yaitu Pariaman dan Bengkulu.

Tsunami Akibat Gunung Krakatau

Pada 26 Agustus 1883 , Gunung Api Krakatau meletus dengan dahsaytnya hingga merutuhkan dinding kantung magma. Akibat dari reruntuhannya pun memicu terjadinya ombak besar hingga menjadi tsunami dahsyat.

Berdasarkan laporan yang ada bahwa gelombang tsunami ini mencapai ketinggian 40 meter. Selain itu, gelombang tsunami ini pun terdeteksi hingga ke Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta letusan krakatu ini juga tergambar dari laporan yang menyatakan suara letusan ini terdengar hingga radius 4,830 kilometer.

Korban jiwa yang disebabkan dari bencana tsunami dan letusan gunung api ini tercatat ada 36.417 orang. Banyaknya korban jiwa ini juga disebabkan oleh efek yang ditimbulkan karena ada jutaan ton sulfur menyembur ke atmosfer hingga memicu terjadinya penurunan suhu global yang berlangsung selama lima tahun.

Tsunami Aceh

Bencana Alam
Pada 2004 Aceh dilanda bencana tsunami.

Pada 26 Desember2004 Indonesia menjadi sorotan dunia usai Aceh dilanda tsunami besar yang menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa.

Gelombang tsunami setinggi 35 meter itu tidak hanya menghantam dan meluluhlantakan Aceh, akan tetapi gelombang ini juga menyapu tempat-tempat yang berada sepanjang pesisir barat Sumatera. Tsunami ini menjangkau daratan Sri Langka hingga Semenanjung India.

Total korban jiwa saat tsunami melanda Aceh pukul 09.00 WIB ini jumlahnya lebih dari 160.000 korban jiwa. Hampir semua bangunan rata dengan tanah, dan banyak warga lokas bahkan mancanegara yang sedang berada disana kehilangan sanak saudara akibat menjadi korban bencana ini.

Gempa dan Tsunami Palu-Donggala Sulawesi Tengah

Tahun 2018 terjadi bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawsi Tengah. Gempa ini pertama kali mengguncang Donggala pukul 14.00 WIB dengan kekuatan 6 skala richter dengan kedalaman 10 km dari permukaan laut.

Setelah itu, terjadi gempa susulan pada pukul 17.02 WIB dengan kekuatan yang lebih besar yaitu 7,4 skala richter serta kedalamam 10 km di jalur sesar Palu Koro. Berselang tak berapa lama sekitar pukul 17.22 WIB terjadi tsunami dengan ketinggian gelombang mencapai 6 meter.

Total korban jiwa dalam musibah ini tercatat oleh BNPB pert tanggal 10 Oktober ada 2.045 orang. Korban paling banyak berada di Pualu sebanyak 1.636 orang, kemudian di susul Sigi dan Parigi. Selain itu, korban pengungsi ada sebanyak 82.775 orang dan ada 8.731 orang pengungsi yang berada di luar Sulawesi.

Tsunami Anyer

Pada Desember 2018, terjadi bencana \\\\\ yang menerjang kawan Anyer, Banten dan Lampung. Gelombang air tinggi ini mengakibatkan rusaknya sejumlah bangunan di kedua kawasan tersebut.

Berdasarkan penyataan BMKG, ketinggian gelombang tsunami yang menerjang Anyer, Banten ini mencapai 3 meter. Penyebab dari tsunami ini diduga diakibatkan oleh erupsi Gunung Anak Krakatau.

Untuk korban jiwa dalam musibah ini tercatat oleh BNP ada sekitar 20 orang meninggal dunia, 165 orang luka-luka, dan 2 orang hilang yang tersebar di 3 wilayah yaitu di Kabupaten padeglang, Lampung Selatan, dan Serang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here