Beragam Cara Unik Rayakan HUT RI Masa Kini

0
18
cara unik rayakan HUT RI
cara unik rayakan HUT RI

Elahan.com, Hari Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia biasa diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan menyenangkan seperti perlombaan yang sering diadakan di lingkungan rumah, sekolah, atau kantor hingga upacara bendera. Bagi kaum milenial berikut beberapa referensi berbagai cara unik rayakan HUT RI. Yuk simak!

Upacara Bendera 17-an

Kata siapa upacara bendera ketinggalan zaman? Upacara bendera malah harus selalu dilakukan agar generasi-generasi baru dari bangsa Indonesia bisa lebih mencintai serta menghargai bangsanya. Upacara bendera ketika 17 Agustus seperti ini biasanya diadakan di instansi pemerintahan, sekolah-sekolah, bahkan di beberapa kantor.

Ada hal unik yang bisa dilakukan ketika upacara bendera agar tidak terlalu monoton. Biasanya anak sekolah atau instansi pemerintahan menggunakan seragam resmi untuk upacara. Namun, kalian bisa upacara dengan pakaian khas daerah di Indonesia juga lho!

Misalkan saja, ketika upacara bendera tahun lalu di Istana Negara ada seorang pria yang tidak mengenakan alas kaki ketika menghadiiri upacara HUT RI. Namun, hal ini bukan karena Ia tidak memiliki alas kaki tapi karena dia datang dengan mengenakan baju adat khas suku Baduy yang memang tidak mengenakan alas kaki.

Festival Kemerdekaan RI

Ketika menyambut HUT RI pasti banyak yang dirayakan dengan menggelar berbagai festival dan acara meriah lainnya. Acaranya bisa berupa parade, pertunjukan musik, pentas tari, hingga drama.

Salah satu festival yang digelar pada HUT RI tahun ini adalah penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival di Mall Ancol Beach City. Dalam acara ini ada ajang menyanyi lagu-lagu Melayu yang dimeriahkan oleh deretan artis Indonesia bahkan ada bintang reggae Toni Q Rastafara.

Selain itu pengelola Monas juga menyelenggarakan Festival of Light untuk menyambut perayaan hari kemerdekaan RI. Acara ini digelar mulai dari 15 hingga 23 Agustus 2019 dibuka setiap hari kecuali hari senin yang akan dimulai pukul 18.30 sampai 22.00 WIB. Festival yang terbuka ini tidak d pungut biaya lho. Festival of Light memamerkan berbagai diorama pahlawan serta lampion yang berwarna warni dan tentunya Instagramable.

Perlombaan 17 Agustus

cara unik rayakan HUT RI ke-74.

Mengadakan lomba merupakan hal wajib yang harus ada ketika HUT kemerdekaan RI. Mulai dari lomba makan kerupuk, lomba panjat pinang, lomba kelereng, lomba joget balon, tarik tambang,  hingga balap karung tidaklah boleh tertunggal. Perlombaan ini biasa dilaksanakan mulai dari tingkat RT, keluarahan, kota, institusi, juga berbagai kelompok masyarakat lainnya.

Lomba-lomba legendaris yang masih ada hingga sekarang seperti lomba panjat pinang, lomba balap karung, serta lomba balap karung. Semakin berkembangnya kreatifitas rakyat Indonesia muncul sejumlah lomba-lomba baru yang tak kalah seru dengan lomba yang sudah ada sejak lama ini. Seperti, Aksi lucu dan seru terkait lomba 17-an banyak beredar di sosial media. Lomba-lomba ini menjadi viral karena beberapa video yang diunggah oleh netizen. Beberapa contohnya adalah lomba estafet air dengan baskom. Lomba ini terdiri dari  5 orang yang duduk berbaris kebelakang, baskom diletakan di atas kepala mereka. Kemudian tanpa melihat kebelakang mereka perlahan memindahkan air yang ada di baskom ke dalam baskom temannya yang berada dibelakang. Aksi lucu sering terjadi karena terkadang orang yang berada di belakangnya ikut tersiram air.

Selain itu, ada lomba tak kalah seru dan menjadi viral di sosial media  balap karung pakai helem atau disebut karung pinguin. Lomba ini merupakan perkembangan dari lomba balap karung yang sudah ada sebelumnya. Perlombaan karung pinguin ini menjadi viral di sosial media karena beragam video lucu yang diunggah oleh netizen, pasalnya banyak kejadian lucu seperti ketika sedang berusaha loncat ada yang jatuh terguling, serta ada pula yang berusaha curang dengan jalan jongkok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here