Bersiap Mudik Lebaran? Perhatikan 10 Tips Ini

0
49
Tips sebelum melakukan mudik lebaran
Tips sebelum melakukan mudik lebaran

elahan.com, Mudik lebaran ke kampung halaman merupakan tradisi yang dilakukan setip tahun terutama bagi perantau. Apalagi melakukan mudik dengan kendaraan pribadi, kamu harus bersiap-siap menghadapi macet di jalan yang akan membuat perjalanan lebih jauh dari biasanya.

Berikut tips buat kamu yang akan melakukan mudik lebaran agar tetap aman dan nyaman di perjalanan.

  • Cek kondisi kendaraan

Mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraan kamu merupakan hal penting yang menjadi tulang punggu perjalanan mudik kamu. Pastikan mobil atau motor yang kamu gunakan siap untuk melakukan perjalanan jauh. Periksakan kondisi kendaraan kaamu ke bengkel resmi agar bisa dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

  • Daftar barang bawaan

Sebelum berangkat mudik, buat daftar barang-barang yang hendak dibawa. Daftar barang ini bisa membuat kamu bisa meminimalisir barang-barang yang kemungkinan terlupa. Buat daftar mulai dari yang penting hingga yang tidak penting.

  • Bawa sparepart cadangan

Kamu tentu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di perjalanan mudik nanti. Penting untuk membawa sparepart seperti busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sparepart cadangan lain dalam kendaraan kamu saat menuju kampung halaman.

  • Cek ulang perlengkapan kendaraan mudik

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan semua peralatan tambahan yang tersedia pada kendaraan kamu tersedia. Jangan sampai ada yang kurang dan saat terjadi keadaan yang darurat, kamu tidak menemukan dongkrak, tang, kunci pas, obeng, dan sebagainya yang bisa menghambat perjalanan kamu.

  • Hiburan

Melakukan perjalanan mudik lebaran dengan kendaraan pribadi, artinya kamu harus bersiap menghadapi kemacetan yang tidak mungkin kamu hindari. Pertimbangkanlah untuk membawa barang-barang yang bisa menghibur kamu dan mengusir rasa bosan. Kaset, MP3, CD, atau buku akan jadi teman perjalanan kamu.

  • Kotak P3K
Persiapan sebelum melakukan mudik lebaran
Persiapan sebelum melakukan mudik lebaran

Kotak P3K merupakan perlengkapan penting yang tidak boleh kamu lupakan. Kamu harus melengkapinya agar perjalanan kamu tidak terhambat. Obat-obat yang diperlukkan seperti minyak angin, rheumason, obat sakit kepala, betadine, dan sebagainya merupakan hal utama yang harus ada dalam kotak pertolongan pertama tersebut.

  • Layanan gratis otomotif

Biasanya di musim mudik lebaran seperti ini, banyak perusahaan otomotif yang membuka posko layanan gratis di sejumlah titik di jalur mudik. Ini bisa kamu manfaatkan dengan mencari tahu dimana saja posisi posko-posko mereka berada. Perusahaan otomotif ini juga menyediakan nomor darurat yang bisa dihubungi jika kamu mendapatkan masalah yang berhubungan dengan kendaraan saat diperjalanan.

  • Kondisi tubuh

Tentu saja kamu tidak hanya sibuk mempersiapkan kondisi kendaraan, kamu juga harus mempersiapkan kondisi tubuh. Perjalanan panjang akan membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Sehingga kamu harus memastikan kondisi tubuh kamu fit dan sehat sebelum perjalanan panjang itu dimulai. Jangan ragu untuk berhenti beristirahat jika kamu sedang mengantuk. Buat yang  melakukan mudik dengan kendaraan sendiri, beristirahatlla setiap empat jam sekali agar kamu tidak jatuh sakit.

  • Baterai dan pulsa

Baterai dan pulsa adalah dua hal yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari yang bergantung pada penggunaan smartphone. Untuk menghindari kondisi genting tertentu, kamu perlu menyiapkan hal-hal ini agar tetap bisa berkomunikasi saat butuh sesuatu.

  • Peta

Saat melakukan perjalanan mudik lebaran, carilah informasi lengkap mengenai peta jalur mudik yang disediakan oleh perusahaan jasa penyedia tertentu. Biasanya, peta-peta ini dibuat khusus untuk mudik yang berisi informasi yang dibutuhkan seperti bengkel, posko lebaran pom bensin, dan kondisi jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here