Berteman Baik, Erwin Aksa Dukung Prabowo – Sandiaga

0
16
Erwin Aksa dukung prabowo-sandiaga uno
Erwin Aksa dipecat partai Golkar karena beda pilihan politik

Elahan.com, Pengusaha nasional Erwin Aksa Mahmud dipecat dari pengurusan Partai Golkar akibat mendukung pasangan Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto resmi memberhentikan keponakan Jusuf Kalla tersebut yang menjabat sebagai Ketua Bidang Koperasi dan UKM di kepengurusan DPP Golkar.

Erwin Aksa dipecat dari partai Golkar
Erwin Aksa dipecat dari keanggotaan partai Golkar

Sikap dukungan terhadap paslon 02 itu berseberangan dengan partai Golkar yang mendukung Jokowi-Ma’ruf berdasarkan hasil Munaslub pada 20 Desember 2017 silam. Sejak 19 Maret 2019, Erwin resmi dipecat.

Erwin juga membenarkan bahwa dirinya memiliki pilihan politik yang berbeda dengan keputusan partai pada kontestasi pemilihan presiden. Sehingga dirinya memilih untuk nonaktif dari kepengurusan partai Golkar. Meskipun sudah dipecat, tetapi status kepegawaian JK masih berlaku.

Jusuf Kalla yang merupakan paman dari Erwin tak banyak berkomentar terkait pilihan politik keponakannya. Diketahui bahwa ayah Erwin, Aksa Mahmud, merupakan adik ipar Jusuf Kalla.

Baik JK maupun ayah Erwin, Aksa Mahmud, tidak memaksakan pilihan politik apapun pada dirinya. Menurut Erwin perbedaan pendapat dalam keluarga itu sudah menjadi hal biasa.

Meskipun mendukung kubu yang berseberangan, tetapi ayah Erwin, Aksa Mahmud, disebut banyak memberi nasihat, masukan dan pointer penempatan kampanye kepada Sandiaga terkait pilpres.

Wakil ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) ini mengomentari keluhan dari pengusaha selama masa periode Jokowi yang sudah berjalan selama 4,5 tahun. Erwin menyebut ada sejumlah sektor yang mengalami tekanan berat sehingga tidak bergerak. Daya beli dan harga yang mahal menjadi keluhan masyarakat.

Pelemahan ekonomi ini juga menyentuh hingga sektor properti. Erwin menyebut ratusan industri di bawah industri properti mengalami tekanan yang berefek pada perekonomian yang menjadi lesu.

Permasalahan ekonomi inilah yang disoroti Erwin. Sebab menurut dia, properti menjadi penggerak ekonomi yang bisa membuat ekonomi mengalami pertumbuhan. Menurut dia, pemerintah harus melihat persoalan secara makro.

Erwin juga mengkritik intervensi pemerintah terhadap industri sawit hingga kebijakan satu harga BBM yang menyebabkan kerugian bagi Pertamina. Presiden Jokowi juga disebut terlalu mengintervensi harga semen yang seharusnya mengikuti mekanisme pasar.

Hal-hal inilah yang dinilai Erwin Aksa membuat ekonomi tidak tumbuh sehingga mengakibatkan menjamurnya pengangguran.

TKN membantah jika Presiden Jokowi hanya pro kepada usaha start-up dibanding dengan sektor riil. Menurut juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily, mengatakan stast-up menjadi bagian dari sektor riil. Hanya saja usaha start-up ini bergerak di bidang jasa dan menyediakan jasa secara langsung dan juga memfasilitasi perdagangan produksi UMKM.

Erwin menghormati dan memuji sosok Sandiaga Uno. Menurutnys Sandi punya jiwa kesetiakawanan yang membuatnya sukses hingga sekarang. Bahkan Erwin memanggil cawapres 02 ini dengan sebutan ‘Daeng’ yang berarti kakak laki-laki.

Diketahui bahwa Erwin memiliki hubungan persahabatan yang baik dengan Sandi. Dia juga menyebut kunci sukses dalam membangun usaha adalah persahabatan.

Ketika berada satu panggung dengan Sandiaga di acara Makassar YES pada Senin, 1 April 2019 lalu, keduanya saling memuji. Erwin menyebut Sandiaga sebagai angin perubahan. Sementara itu pasangan Prabowo pada pilpres 2019 ini menyebut Erwin sebagai sosok yang sangat mandiri bagai pelaut yang pemberani. Meskipun Erwin berasal dari keluarga pengusaha, tetapi dia tidak memanfaatkan hal itu. Ketika selesai kuliah, Erwin sempat menjadi karyawan Mitsubishi.

Erwin Aksa merupakan komisaris utama Bosowa Corporation, bisnis di bidang otomotif, semen, pertambangan, energi, jasa keuangan, pendidikan, dan properti. Bisnis ini milik ayah Erwin, Aksa Mahmud yang selain pengusaha juga merupakan politisi yang pernah menduduki posisi Wakil Ketua MPR RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here