BPN Bantah Prabowo Akan Kembalikan Lahan ke Negara

0
74
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto (istimewa)

elahan.com – Kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membantah kabar pengembalian lahan Prabowo ke negara. Belum lama ini beredar kabar bahwa calon presiden nomor urut 02 itu akan mengembalikan hak guna usaha (HGU) lahan konsensi di Aceh Tengah dan Kalimantan Timur.

Wakil Direktur Komunikasi dan Media BPN, Dhimam Abror menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengadakan agenda tersebut. Dirinya juga menegaskan tidak ada rencana pengembalina HGU lahan di Aceh Tengah dan Kalimantan Timur tersebut.

“Tidak ada agenda itu,” ucap Dhimam, Senin (25/2/2019).

Juru Bicara BPN Dahnil Anzar juga mengatakan hal senada dengan Dhimam Abror. Dia menyebut agenda tersebut adalah kabar bohong atau hoaks.

“(Agenda itu) hoaks,” ucap Dahnil.

Sementara itu, Juru Bicara BPN Pipin Sopian menyatakan bahwa Prabowo akan memenhi janjinya terkait konsesi lahan yang sempat disinggung dalam debat kedua pilpres. Sebelumnya, Ketua Partai Gerindra tersebut pernah menyatakan bersedia mengembalikan HGU lahan miliknya apabila negara membutuhkan.

“Beliau itu punya komitmen. Apa yang disampaikannya akan selalu dilaksanakan,” ujar Pipin.

Sebaliknya, Pipin justru mengkritik bahwa yang lebih banyak memiliki lahan konsesi berstatus hak guna usaha adalah para pendukung Jokowi.

Dia juga mengaku heran saat Jokowi menyinggung soal ratusan ribu hektar lahan yang dimiliki Prabowo, tetapi Jokowi tidak memaparkan data kepemilikan HGU para pendukungnya.

“Padahal, yang paling banyak memiliki lahan itu adalah para pendukung Jokowi,” ucap politisi Partai Keadilan Sejatera tersebut (PKS) tersebut.

Saat berpidato kebangsan di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu (24/2/2019), Presiden Jokowi mengatakan bahwa dia menunggu juka ada pengusaha besar yang akan mengembalikan konsesi lahan ke negara.

Sebelumnya, Jokowi menyinggung soal program perhutanan sosial yang telah dikerjakan pemerintahannya selama 4,5 tahun ini.

“Kita bagikan konsesi lahan untuk rakyat yang hidup di sekitar hutan. Sudah kita bagikan 2,6 juta hektar konsesi dari 12,7 hektar yang sudah dipersiapkan,” ucap Jokowi.

“Jika ada penerima konsesi besar yang mau mengembalikan konsesinya kepada negara, saya tunggu, saya tunggu sekarang,” lanjut Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here