BPN Prabowo Bicara Tax Ratio Ketika Diminta Buka Data Anggaran Bocor

0
104
Jubir BPN Prabowo - Sandiaga Andre Rosiade
Jubir BPN Prabowo - Sandiaga Andre Rosiade (istimewa)

Elahan.com – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Capres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno menanggapi permintaan Tim Kampanye Nasional  (TKN) Joko Widodo – Ma’ruf Amin guna membuka data perkiraan bocor 25 persen yang diucap capres nomor urut 2. Berdasarkan keterangan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN), perkataan Ketum Gerindra tersebut berdasar perhitungan tax ratio.

Juru Biacara BPN Andre Rosiade mengatakan, “Jadi gini, kita tersebut memprediksi, Pak Prabowo tersebut bilang dari hitung-hitungan tax ratio anda jadi bahwa anda prediksi Indonesia ini dapat dapat tambahan penghasilan sekitar Rp 1.450 triliun, dari mana? Sekarang tax ratio anda dulu tahun 2014 masih 13 persen, tahun 2018 ini ditebak 8-9 persen. Pak Prabowo itu hendak tax ratio anda ini dapat naik 16 atau 19 persen, Gambia tersebut 16 persen, Thailand tersebut 19 persen, India 20 persen,”  Kamis (7/2).

“Dengan hitung-hitungan anda dengan simulasi postur APBN Pak Prabowo – Sandi anda prediksi saya dan anda bisa tambahan Rp 1450 triliun per tahun. Tambahan pendapatan tersebut yang bilang Prabowo kebocoran sebetulnya negara ini dapat membangun tanpa utang sebab ada kebocoran,” Tambahnya.

Andre kemudian menyebut mestinya dilaksanakan reformasi pajak sampai devisa dari sumber daya alam tak terbit dari domestik alias tak bocor. Jika urusan itu dapat dilakukan, kata Andre, pemerintah dapat melakukan pembangunan tanpa utang.

“Harusnya dengan reformasi pajak lalu membangunkan sumber daya alam kita, devisanya diletakkan di domestik dan bisa pajak sampai-sampai kebocoran nggak ada,” ungkap Andre.

Sebelumnya, Prabowo bicara soal 25 persen perkiraan negara yang ‘bocor’. Prabowo menyinggung ‘kebocoran’ perkiraan negara tersebut sudah ia hitung dan tulis di bukunya.

Dalam pidatonya di Kelapa Gading, Rabu (6/2) dalam HUT FSPMI, Capres nomor urut 2 ini mengatakan “Saya hitung dan saya telah tulis di buku, kebocoran dari perkiraan rata-rata, taksiran saya barangkali lebih, sebenarnya 25 persen taksiran saya perkiraan bocor. Bocornya macam-macam”

Ia juga menyebut kebocoran tersebut antara lain diakibatkan oleh mark up perkiraan dalam sekian banyak  proyek pemerintah. Perhitungan Prabowo, perkiraan negara yang ‘bocor’ menjangkau Rp 500 triliun. Dia menuturkan perkiraan sebesar itu dapat membangun industri besar di Tanah Air.

Menanggapi itu, TKN Joko Widodo – Ma’ruf Amin meminta Prabowo membuka data soal perkiraan negara bocor 25 persen. Tujuannya, supaya ucapan Capres nomor urut 2 tersebut tak menyesatkan masyarakat.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Irma Suryani Caniago mengatakan “Sebaiknya beliau dapat memberi data yang jelas, tidak boleh menurut hitungan di mulut, sebab itu dapat menyesatkan masyarakat. Nanti bila dibilang ada kemiripan strategi firehose of falsehood bakal marah,” Rabu (6/2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here