Cara Mudah dan Cepat Membayar Iuran BPJS Kesehatan

0
4
BPJS Kesehatan
Cara Mudah dan Cepat Membayar Iuran BPJS Kesehatan

elahan.com, BPJS Kesehatan merupakan program oleh pemerintah berupa asuransi untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebelumnya program ini bernama Askes (Asuransi Kesehatan), kemudian pada  tahun 2014 berganti nama menjadi BPJS Kesehatan.

Program BPJS Kesehatan ini telah ditetapkan dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Sosial, yang mana setiap warga negara berhak mendapatkan fasilitas dari jaminan kesehatan ini.

Program Jaminan kesehatan yang telah beroperasi sejak 2014 ini dibentuk untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Sehingga program ini dapat dirasakan oleh setiap warga negara. Akan tetapi, hingga saat ini masih ada sebagian warga masyarakat yang belum bisa menikmati fasilitas ini karena tidak tahu cara menggunakan dan mengurusnya.

Cara mengurus BPJS atau mendaftarnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mendaftar secara offline dan online. Pendaftaran secara offline dapat langsung datang ke kantor BPJS dengan membawa beberapa berkas dan dokumen persyaratan. Kemudian untuk pendaftaran secara online dapat dilakukan di mana saja dan menggunakan persyaratan yang sama.  Lantas bagaimanakah cara bayar BPJS Kesehatan?

Berikut cara pembayaran BPJS Kesehatan:

1. Mendatangi kantor BPJS yang terdekat dengan membawa kartu atau memberi informasi soal nomor anggota, peserta tinggal menuju loket yang disediakan untuk melakukan pembayaran.

2. Proses bayar BPJS dilakukan dapat melalui bank yang bermitra dengan BPJS, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan BCA. Pembayaran juga dapat melalui internet banking dan mobile banking.

3. Bayar BPJS juga dapat dilakukan melalui minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

4. Bayar BPJS via kantor pos juga dapat dilakukan. Cara ini juga bisa menjadi pilihan. Dengan mendatangi Kantor Pos terdekat, peserta dapat membayar iuran.

5. Cara bayar BPJS juga dapat melalui e-commerce mitra seperti bukalapak, tokopedia, Gopay dan lain sebagainya.

6. Pembayaran BPJS Kesehatan juga dapat melalui aplikasi mobile JKN. Dengan aplikasi mobile JKN, peserta bisa melakukan pembayaran autodebet. Pastikan Anda telah mendownload aplikasi mobile JKN via Playstore.

Itulah enam cara untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Kita dapat memilih beberapa opsi akan membayar melalui apa dan dimana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here