Cek 8 Manfaat Zat Hijau Daun Bagi Kesehatan Tubuh

0
2
Zat Hijau Daun
Cek 8 Manfaat Zat Hijau Daun Bagi Kesehatan Tubuh

elahan.com, Klorofil atau juga zat hijau daun kini banyak dijual sebagai supelmen dengan berbagai merek. Supelmen klorofil ini di antaranya menjanjikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Lalu, bagaimanakah sebenarnya manfaat klorofil dari sisi ilmiah?

Ternyata, komponen yang berada dalam tumbuhan ini tidak hanya bermanfaat bagi tumbuhan itu sendiri, melainkan juga untuk kesehatan. Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan manfaat klorofil, maka tidak harus mengonsumsi suplemen tambahan. Sebab, kamu bisa mendapatkannya dari bahan-bahan alami seperti sayuran hijau.

Sayuran hijau yang disebut superfood mengandung berbagai komponen yang baik bagi tubuh. Tidak hanya serat dan vitamin, sayuran hijau juga mengandung klorofil yang ternyata baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat zat hijau daun dalam tumbuhan bagi kesehatan:

1. Menghilangkan jerawat

Klorofil dipercaya dapat membantu mengurangi jerawat di wajah, caranya dengan dioleskan ke permukaan kulit. Kamu mungkin bisa menggunakan gel yang mengandung klorofil. Namun sebelum menggunakan baiknya pastikan dulu bahwa produk tersebut sudah terdaftar secara resmi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Menghindari reaksi alergi, sebaiknya sebelum dioleskan ke wajah cobalah oleskan sedikit ke tangan dan tunggu reaksinya. Jika tidak ada reaksi alergi, maka Anda bisa oleskan gel tersebut ke wajah sesuai instruksi kemasan.

2. Deodoran alami

Klorofil juga dapat bermanfaat sebagai deodorant alami untuk mengurangi bau di tubuh. Hal ini sempat menuai pro dan kontra, namun hingga saat ini masih banyak produk seperti deodoran dan obat kumur yang mengandung komponen ini. Adapun beberapa orang juga mengonsumsi suplemen klorofil untuk mengurangi bau badan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Terakhir, klorofil juga dinilai dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, klorofil bisa membuat lingkungan sekitarnya menjadi basa dan bakteri anaerob yang bisa menyebabkan penyakit, tidak bisa bertahan di lingkungan yang basa. Selain itu, zat hijau daun ini juga disebut memiliki komponen yang membuatnya bersifat antimikroba.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Menggunakan klorofil untuk merawat luka sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 1940 hingga 1950an. Di masa tersebut klorofil digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka operasi dan mencegah terjadinya infeksi. Sementara kini telah ada penelitian yang menjelaskan bahwa obat yang mengandung klorofil terbukti bisa membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi bau yang muncul dari luka.

5. Meningkatkan kadar hemoglobin

Mengonsumsi klorofil juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas sel darah merah yang diproduksi. Klorofil juga memiliki struktur yang sangat mirip dengan hemoglobin, salah satu komponen utama penyusun sel darah merah. Hal ini membuatnya dinilai efektif untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan kekurangan hemoglobin, seperti anemia.

6. Memaksimalkan fungsi hati

Manfaat zat hijau daun ini juga dinilai dapat meningkatkan fungsi hati, sehingga bisa lebih efektif dalam membuang racun dan zat-zat lain yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

7. Mengurangi nyeri sendi

Manfaat klorofil berikutnya adalah sebagai meredakan nyeri sendi. Sebab, komponen ini ternyata memiliki sifat anti-inflamasi atau antiperadangan. Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab paling umum dari nyeri sendi adalah arthritis atau radang sendi.

8. Mencegah insomnia

Senyawa zat hijau ini memiliki efek menenangkan bagi orang yang mengonsumsinya. Sehingga tidak heran jika salah satu manfaatnya berhubungan dengan membantu mengurangi gejala gangguan tidur akibat insomnia, gangguan kecemasan, dan kelelahan.

Meski berasal dari bahan alami, klorofil juga tetap memiliki risiko menimbulkan berbagai efek samping untuk tubuh. Bagi beberapa orang, komponen ini bisa menimicu gangguan pencernaan yang diawali dengan gejala mual, kram perut, diare, muntah, dan perubahan warna fases. Efek samping tersebut biasanya muncul saat mengonsumsi suplemen klorofil yang berbentuk cair dalam jumlah berlebih.

Selain itu, gangguan seperti di atas juga bisa muncul apabila mengonsumsi klorofil dalam kondisi perut kosong. Jika memutuskan untuk mengonsumsi zat hijau daun dalam bentuk suplemen klorofil, pastikan aman dan tidak mengandung bahan-bahan lain yang berbahaya. Cek nomor registrasinya di BPOM sebelum mengonsumsi dan ikuti instruksi kemasan dengan cermat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here