Langkah Mudah Daftar BPJS Kesehatan Online dan Offline

0
21
Langkah daftar BPJS Kesehatan Online
Langkah mudah daftar BPJS Kesehatan Online dan offline

Elahan.com, Bagi siapa saja yang ingin daftar BPJS Kesehatan online dan offline, caranya tidak terlalu sulit. Peserta bisa mendaftar secara individu maupun kolektif perusahaan.

Peserta terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan non-PBI. Kelompok pertama ini berasal dari keluarga yang kurang mampu sehingga mendapatkan bantuan dari pemerintah. Sedangkan non-PBI ini kelompok yang tidak mendapatkan bantuan iuran setiap bulan. Mereka biasanya membayar sesuai dengan kelas yang dipilihnya, mulai dari kelas 1 hingga kelas 3.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan secara Offline

1. Persiapkan syarat-syaratnya

Sebelum mendaftar, calon peserta tentu saja harus mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mendaftar.

Adapun persyaratannya adalah fotokopi KTP 1 lembar, fotokopi KK 1 lembar, 1 lembar pas foto 3×4, serta iuran bulan pertama untuk kelas yang dipilih oleh calon peserta.

2. Datang ke kantor BPJS

Jika semua berkasnya sudah dipersiapkan, datanglah ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Calon pendaftar bisa mendaftar sendiri atau secara keloektif satu keluarga.

3. Isi formulir

daftar BPJS Kesehatan Online dan offline
cara mudah daftar BPJS Kesehatan Online dan offline

Saat sampai di kantor, calon peserta akan diberikan lembar formulir BPJS Kesehatan yang sesuai. Kemudian isi semua data yang diminta dalam kolom form tersebut. Mintalah bantuan petugas jika ada bagian dalam kolom tersebut yang membingungkan. Kesalahan yang dilakukan ketika pendaftaram akan berakibat fatal nantinya. Sehingga penting untuk memastikan semua sudah terisi dengan benar saat mendaftar.

4. Mendapatkan virtual account

Berikan form yang sudah diisi kepada petugas lengkap dengan berkas-berkas serta pas foto yang sudah dipersiapkan. Mereka akan melakukan pengecekan kembali untuk memastikan semua data sudah lengkap. Kemudian calon peserta akan diberikan virtual account yang digunakan saat pembayaran di bank-bank yang sudah melakukan kerja sama dengan pihak BPJS.

5. Cetak Kartu

Jika sudah melakukan pembayaran, simpan bukti dengan baik. Bukti tersebut digunakan untuk mencetak kartu JKN sebagai tanda kamu sudah resmi menjadi peserta BPJS.

Daftar BPJS Kesehatan secara Online

daftar BPJS Kesehatan online dan offline dengan mudah
daftar BPJS Kesehatan bisa dilakukan online dan offline

Bagi calon peserta yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengurus langsung ke kantor BPJS Kesehatan, ada cara yang lebih mudah yaitu dengan mendaftar secara online. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan scan berkas persyaratan

Pendaftaran online tidak dilakukan di kantornya. Sama, calon peserta juga harus menyiapkan berkas-berkas persyaratan yang sudah discan terlebih dahulu, seperti KTP, KK, NPWP, serta nomor rekening bank untuk pembayaran.

2. Kunjungi website BPJS Kesehatan

Kemudian, setelah semua berkas dilengkapi, kunjungi website BPJS, pilih menu daftar online yang ada di halaman utama. Setelah diklik, akan muncul halaman persyaratan sebelum mendaftar. Baca terlebih dahulu dengan seksama aturan yang tertera. lalu, masuk ke halaman persetujuan pendaftaran.

3. Ikuti langkah-langkahnya

Pilihlah halaman kesertaan keluarga. Akan muncul formulir BPJS Kesehatan. Isi semua data yang diminta lalu unggah beberapa berkas yang sudah dipersiapkan.

4. Lakukan pembayaran

Setelah semua data yang diperlukan diisi, kamu akan diberikan virtual account yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran sesuai kelas yang dipilih. Setelah transfer, e-ID kamu bisa dicetak langsung atau mengunjungi kantor BPJS Kesehatan setempat untuk meminta pencetakan kartu JKN.

Dengan begitu, kamu berarti sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan. Langkah-langkah pendaftarannya juga tergolong mudah, baik cara online maupun offline. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here