Dampak Kebakaran Hutan terhadap Kesehatan Manusia

0
6
Kebakaran Hutan
Dampak Kebakaran Hutan terhadap Kesehatan Manusia

elahan.com, Kebakaran hutan di Indonesia sudah sangat sering terjadi. Hal tersebut memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia. Penyebab hal tersebut ada dua faktor yakni alam dan ulah manusia. Alam berisiko menyebabkan kebakaran ketika musim kemarau panjang tiba dan gunung berapi erupsi. Sementara ulah manusia bisa menjadi penyebab kebakaran hutan karena dipicu keteledoran dan faktor ekonomi.

Hutan merupakan paru-paru dunia karena berperan sebagai penghasil oksigen. Sehingga saat hutan tidak pada kondisi baik-baik saja maka makhluk hidup sedikit banyak merasakan dampaknya. Lalu apa sajakah dampak yang ditimbulkan dari kebakaran yang terjadi pada hutan?

Berikut dampak kebakaran hutan bagi kesehatan manusia:

1. Iritasi Mata dan Kulit

Dampak yang terjadi pada kesehatan manusia biasanya adalah iritasi mata dan juga kulit. Ini terjadi ketika mata ataupun kulit terpapar langsung dengan asap. Gejala yang akan timbul yaitu gatal, mata berair, peradangan dan infeksi berat.

2. Memperparah Asma

Kebakaran yang terjadi pada hutan juga dapat memperburuk kondisi kesehatan orang yang memiliki penyakit asma dan paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, PPOK dan sebagainya. Asap kebakaran akan masuk terhirup ke dalam paru. Pada saat itulah kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menimbulkan rasa mudah lelah dan kesulitan bernapas.

3. Infeksi Paru dan Saluran Pernafasan

Asap dari kebakaran juga bisa berdampak pada iritasi lokal pada selaput lendir di hidung, mulut dan tenggorokan. Hal tersebut menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungkin juga infeksi , mulai ISPA dan bila berat bisa sampai ke pneumonia.

4. Polusi Berbahaya

Polutan di asap kebakaran yang jatuh ke permukaan bumi mungkin dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan. Sehingga jika di konsumsi oleh manusia akan menyebabkan gangguan saluran cerna dan penyakit lainnya.

5. Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Kebakaran pada hutan juga berdampak pada penurunan daya tahan tubuh dan juga menimbulkan stress. Orang yang berusia lanjut dan anak-anak dengan daya tahan tubuh rendah akan lebih rentan untuk mendapat gangguan kesehatan.

6. Sakit Kepala, Mual, dan Muntah

Dampak kebakaran hutan lainnya adalah dapat menyebabkan sakit kepala, mual dan muntah. Paparan karbon monoksida yang terhirup dari kebakaran hutan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi keracunan dan menimbulkan sakit kepala, mual dan muntah.

7. Batuk

Paparan asap dari kebakaran juga menyebabkan batuk. Hal ini karena selaput lendir di saluran pernapasan mengeluarkan lebih banyak lendir saat teriritasi. Peningkatan produksi lendir dan pengetatan otot-otot di jalan napas inilah mengakibatkan batuk refleks.

Itulah dampak yang bisa timbul dan menyerang kesehatan manusia akibat dari kebakaran hutan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kelestarian hutan yang berfungsi baik untuk memfilter udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here