Dari Makar Hingga Penipuan, Simak Beberapa Kasus Ahmad Dhani

0
54
Beberapa kasus ahmad dhani
Beberapa kasus ahmad dhani

Elahan.com, Pada Selasa, 11 Juni 2019 siang, ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya yang menangani kasus Ahmad Dhani membacakan amar putusan. Dalam amar tersebut menyatakan bahwa Dhani Ahmad Prasetyo terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melakukan pencemaran nama baik lewat ujaran ‘idiot’ dan divois satu tahun penjara.

Setelah membacakan putusan, majelis hakim mempersilakan Ahmad Dhani untuk berkonsultasi dan berdiskusi dengan pengacaranya untuk menentukan langkah yang akan diambil setelahnya. Musisi Dewa 19 itu menyebut akan mengajukan banding.

Sebenarnya vonis tersebut lebih rendah dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang pada 23 April lalu menuntut Dhani dengan pidana kurungan satu tahun enam bulan penjara. Dhani dijerat padal 45 ayat 3 juncto pasal 27 ayat 3 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronk yang diduga mengandung unsur penghinaan serta pencemaran nama baik saat acara deklarasi Ganti Presiden pada 26 Agustus 2018 di Surabaya yang dibatalkan.

Sebelumnya Dhani juga pernah dijatuhi hukuman pada 28 Januari dengan satu tahun enam bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kasus ini bermula ketika Dhani berujar ‘idiot’ dalam vlognya ketika ingin menghadiri acara deklarasi 2019 Ganti Presiden di Surabaya. Ungkapan ‘idiot’ dalam vlog tersebut mengacu pada pihak-pihak yang tidak setuju dengan gerakan ganti presiden. Saat itu, dirinya tidak bisa menghadiri acara dan tertahan di lobi hotel. Kemudian, aktivis Koalisi Bela NKRI melaporkan Dhani ke Kepoolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim). Pelapor ini merupakan salah satu yang berdemo menolak gerakan ganti presiden tersebut. Kemudian, atas kasus ini, Ahmad Dhani ditetapkan sebagai tersangka.

Sebenarnya, kasus Ahmad Dhani tidak hanya satu ini saja. Ada beberapa kasus yang menjerat musisi senior ini. Berikut beberapa kasus hukum yang menjerat mantan suami Maia Estianti tersebut.

  • Dugaan Makar
Kasus Ahmad Dhania
Kasus Ahmad Dhania

Ahmad Dhani terlibat kasus dugaan makar yang turut ditangkap bersama sembilan orang lainnya pada 2 Desember 2016 lalu. Orang-orang tersebut adalah Ratna Sarumpaet, Sri Bintang Pamungkas, Rachmawati Soekarnoputri, Kivlan Zein, Jamran, Adityawarman, Rizal Khobar, dan Eko. Dhani disangka dengan Pasal 207 KUHP mengenai penghinaan terhadap penguasa dan Pasal 106 KUHP mengenai penghasutan. Kemudian, karena alasan subjektivitas penyidik, Dhani bersama enam orang lainnya dipulangkan, tiga orang sisanya diduga terlibat makar.

  • Ujaran Kebencian pada Ahok

Ahmad Dhani lalu dilaporkan oleh pendiri Basuki Tjahja Purnama (BTP) Network Jack Lapian pada 9 Maret 2017. Laporan ini bermula dari twit di akun Twitter pribadi miliknya yang disebut menebarkan kebencian pada salah satu pasangan calon yang akan berlaga di pemilihan kepala daerah DKI Jakarta putaran kedua.

Jack Lapian menjadikan beberapa kicauan Dhani sebagai barang bukti laporan kepada polisi. Ahmad Dhani berkali-kali mengajukan frasa ‘penista agama’ kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama. Untuk kasus ini, Dhani dituntut dua tahun penjara yang didakwa dengan pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 UU nomor 19 tahun 2016 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

  • Pencemaran Nama Baik Jack Boyd Lapian

Lagi, Jack Boyd Lapian melaporkan musisi Ahmad Dhani ke polisi karena dituduh mencemarkan nama baik melalui jejaring sosial. Pada akun Facebooknya, Dhani membahas orang-orang yang melaporkan ahli filsafat Rocky Gerung. Dalam kasus ini, Dhani dikenakan Pasal 27 Ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 2 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang UU ITE. Dan juga padal 310 dan 311 KUHP.

  • Kasus Penipuan

Suami Mulan Jameela ini juga dilaporkan atas dugaan penipuan dan penggelapan dalam laporan bertanggal 26 September 2018 dengan pasal 378 dan 372 KUHP. Pentolan band Dewa 19 ini dilaporkan Moh Zaini Ilyas ke Polda Jatim karena diduga  melakukan penipuan dan penggelapan investasi vila di Kota Batu, Jawa Timur dengan nilai 200 juta rupiah.

Itulah sederet kasus hukum Ahmad Dhani yang pernah menjeratnya. Dalam kasus terakhir ini, Dhani menyebut urusannya hanya dnegan mantan Wali Kota Batu Edy Rumpoko, bukan dengan Zaini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here