Debat Capres 2019 Digelar Nanti Malam, Simak Aturannya

0
149
Debat Capres 2019 Perdana (istimewa)
Debat Capres 2019 Perdana (istimewa)

Elahan.comDebat capres 2019 perdana digelar Komisi Pemilihan Umum ( KPU), Kamis 17 Januari 2019 tepat pukul 20.00 WIB malam nanti, Lokasi debat di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Beberapa stasiun televisi menyiarkan langsung acara ini, diantaranya  TVRI, Kompas TV, RTV, dan RRI.

Peserta debat sendiri adalah paslon dengan nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan paslon dengan nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Tema yang diangkat pada debat capres perdana ini adalah hukum, HAM, terorisme, dan korupsi.

Debat capres perdana ini dimoderasi oleh dua orang moderator, mantan jurnalis Ira Koesno dan jurnalis senior Imam Priyono. Waktu debat selama 89 menit 55 detik dan dibagi menjadi 6 segmen.

Segmen pertama, adalah penyampaian visi misi dari para calon presiden dan wakil presiden. Waktu yang ditentukan selama 23 menit 15 detik.

Segmen kedua dan selanjutnya segmen ketiga adalah debat dengan metode pertanyaan terbuka. Dan waktunya adalah sekitar 31 menit.

Di segmen ini, sang moderator akan memberikan pertanyaan kepada pasangan calon, dimana sebelumnya telah diberitahukan kisi-kisinya dari KPU. Diberikan satu pertanyaan setiap tema kepada para paslon capres dan cawapres ini

Segmen keempat dan segmen kelima adalah debat dengan metode pertanyaan tertutup. Untuk waktunya adalah selama 26 menit.

Dalam segmen ini dengan metode tersebut, memberikan kesempatan kepada para paslon memberikan pertanyaan ke paslon lainnya.

Di segmen terakhir adalah pernyataan penutup dari masing-masing paslon, untuk alokasi waktunya selama 11,30 menit.

Pasangan capres dan cawapres diimbau untuk tidak memberikan pertanyaan khusus mengenai contoh kasus tertentu pada pasangan calon lainnya.

KPU memberikan batasan undangan penonton debat, hanya 500 orang. Sebanyak penonton tersebut nantinya 100 undangan untuk pendukung paslon nomor urut 01, 100 orang untuk penonton paslon nomor urut 02, dan sisanya 300 orang untuk undangan KPU.

KPU meminta para tamu undangan debat capres agar tidak membawa alat peraga kampanye selama menyaksikan debat. Hal ini untuk menjaga suasana debat tetap kondusif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here