Desainer Anne Avantie Bantu Produksi APD untuk Tim Medis

0
20
APD Anne Avantie
Desainer Anne Avantie Bantu Produksi APD untuk Tim Medis

elahan.com, Di tengah pandemic corona di Indonesia, Desainer ternama Anne Avantie membantu  memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tim medis. Nama Anne Avantie sangat terkenal sebagai perancang kebaya terbaik di Indonesia. Namun atas nama kemanusiaan, dirinya memproduksi APD tidak untuk dijual. Melalui inisiatif, Yayasan Anne Avantie justru menyumbangkan secara cuma-cuma.

“APD atau alat pelindung diri tidak saya perjual belikan, hanya dibagikan ke rumah sakit-rumah sakit,” kata dia dalam sebuah video.

Anne Avantie pertama kali mengumumkan yayasannya akan memproduksi Alat Pelindung Diri pada 25 Maret 2020. Melalui unggahan di akun instagramnya, desainer kenamaan tanah air ini menyebutkan apa yang dilakukannya ini ibarat sebuah panggilan dari Tuhan. Ia pun memotivasi para penjahit untuk tergerak melakukan hal yang sama. Bahkan, Anne Avantie bersedia mengajarkan cara pembuatan dan memberikan sampel APD hasil produksinya.

Anne membagikan ilmunya itu secara cuma-cuma. Namun, ia berpesan agar produksi Alat Pelindung Diri tersebut nantinya tidak untuk diperjualbelikan. Untuk mengerjakan produksi ini Anne Avantie tidak bekerja sendiri. Selain dibantu oleh tim produksi, berbagai dukungan menyambut niat baiknya. Salah satunya, berasal dari sebuah jasa pengiriman di Semarang yang menawarkan kerjasama untuk proses penyaluran.

“Saya lakukan bagian saya, selanjutnya menjadi bagian Tuhan yang menyempurnakan….” tulis Anne Avantie di akun instagramnya.

Yayasan miliknya kini bisa mengirimkan APD ke 10 sampai 20 rumah sakit setiap harinya. Masing-masing rumah sakit bisa menerima 50-100 APD yang bisa digunakan untuk merawat pasien corona. Sampai, saat ini Anne sudah menerima ribuan email permohonan donasi APD. Sebagai seorang desainer andal, ia sangat memperhatikan desain produksinya.

Selain ada standar keselamatan yang harus dipenuhi, Anne Avantie juga menyelipkan makna dibalik produk APD buatannya. Anne Avantie menyebut warna APD yang putih dan merah pada resleting mewakili merah putih bendera Indonesia. Hal ini menunjukkan baktinya dan tim untuk bangsa. Anne Avantie mengungkapkan perasaan bahagianya ketika hasil produksinya sampai ke tangan petugas medis.

Namun ada beberapa oknum yang memanfaatkan dengan memalsukan identitas sebagai Anne Avantie. Lalu, mengontak sejumlah orang untuk meminta penggalangan dana. Mengetahui hal itu, lantas desainer ternama itu membuat klarifikasi. Ia menyebut dirinya tidak pernah meminta sumbangan secara personal. Dia juga menekankan, bagi siapa pun yang ingin berdonasi bisa melalui rekening yang tercantum di biodata instagramnya. Selain itu, Anne Avantie juga menginformasikan kalau APD produksinya bisa didapatkan dengan mengajukan permohonan resmi atas nama rumah sakit, melalui email pribadinya yaitu anneavantie@yahoo.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here