Donald Trump Kurangi Bantuan Untuk Rumah Sakit Palestina

0
12
donald trump kurangi bantuan palestina
donald trump kurangi bantuan palestina

elahan.com, Presiden negara Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan untuk mengurangi bantuan rumah sakit Palestina. Bantuan yang awalnya diberikan untuk perawatan warga palestina di rumah sakit Yerusalem Timur. Sesuai perintah Trump, bantuan senilai Rp370 miliar itu akan dialihkan ke tempat lain. Perintah ini disampaikan Trump melalui seorang pejabat Departemen luar negri pada tanggal 8 sepetember yang lalu.

Sejak awal tahun ini Trump mulai menyerukan untuk diadakannya peninjauan ulang bantuan dari AS ke Palestina. Trump ingin kepastian bahwa dana tersebut digunakan sesuai dengan kepentingan nasional. Selain itu hal ini dilakukan, agar dapat memberikan nilai dan tidak merugikan pembayar pajak.

Pengurangan bantuan ini adalah tindakan terbaru dari sejumlah tindakan yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Donald Trump. Keputusan ini mendapat respon berupa kemarahan rakyat Palestina. Begitu juga dengan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel serta pemindahan kedutaan Amerika Serikat ke kota itu dari Tel Aviv.

Sekitar 1 bulan yang lalu, pemerintahan Donald Trump memberitahukan bahwa akan menghentikan bantuan ekonomi sebesar US$ 200 juta bagi palestina. Administrasi Trump juga menghentikan segala jenis bantuan bagi pengungsi palestina pada akhir agustus lalu. Bantuan yang biasanya dilakukan melalui perantara Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Keputusan itu semakin memperkeruh hubungan Washington dengan Palestina yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas.

Juru bicara UNRWA, Chris Gunnes menyatakan bahwa sebuah penyesalan mendalam mengenai keputusan AS. UNRWA juga tidak menerima kritik Wahington kepada organisasinya dan Palestina. Kritik yang mengatakan bahwa sekolah, pusat kesehatan dan program bantuan UNRWA dalah cacat yang tidak bisa diperbaiki.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Palestina mengenai pengurangan bantuan yang paling baru merupakan strategi Amerika Serikat  untuk menghilangkan permasalahan palestina. Menghilangkan permasalahan dan mengancam ribuan nyawa warga palestina juga mata pencaharian para perkerja rumah sakit yerussalem timur, Palestina.

Kementerian Luar Negri Palestina dalam menyampaikan hal ini dalam pernytaannya. Bahwa, aba-aba Amerika yang berbahaya dan tidak adil ini telah melintasi semua garis merah. Hal ini juga dianggap sebagai bentuk penyarangan langsung terhadap rakyat Palestina, ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here