Dukungan Yenny Wahid Pada Pilpres 2019 Kepada Jokowi-Ma’ruf, Tidak Menjamin Kemenangan

0
216
Yenny Wahid dukung Jokowi-Ma'ruf
Yenny Wahid dukung Jokowi-Ma'ruf

elahan.com, Untuk Pilpres 2019 mendatang, Yenny Wahid selaku pemimpin Kader Gusdur menyatakan dukungan sepenuhnya pada pasangan calon capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf. Yenny mengatakan bahwa dengan berujar basmalalah, Konsorsium Kader Gus Dur menyatakan dukungan semoga bisa menjabat kembali menjadi presiden.

Mendengar penyataan ini, Alissa Wahid yang merupakan adik dari Yenny Wahid, angkat bicara soal keberpihakkan yang diujarkan kakaknya. Aliisa berujar mengenai kondisi keluarga mereka setelah deklarasi kakaknya. Kabarnya kakak-beradik ini mempunyai keberpihakan yang berbeda.

Menurut Alissa dan Yenny mereka berusaha menjaga warisan perjuangan Gus Dur. Perjuangan Gus Dur sebagai guru bangsa dirawat oleh Alissa wahid serta GusDurian. Sementara perjuangan Gus Dur sebagai politisi dirawat oleh Yenny Wahid serta Kader Gusdur.

Perjuangan Gus Dur yang merupakan Guru Bangsa dan pejuang rakyat, dirawat dan dijaga bersama. Tidak ada muatan politis pada hal ini.

Keputusan keluarga Gus Dur dalam mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 dinilai akan memberikan dukungan suara yang besar. Sebab simpatisan Gus Dur diperkirakan akan turut mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Berkaitan terhadap hal ini, pengamat politik Burhanudin Mutadi angkat bicara. Menurut beliau meski mendapat dukungan dari keluarga Gus Dur, namun belum menjamin Jokowi-ma’ruf akan menang dalam Pilpres tahun depan. Sehingga Riza mengatakan kemungkinan dukungan Gusdurian kepada Prabowo tetap ada

Menjelang Pilpres 2019 yang akan digelar pada tahun depan. Berbagai bentuk kampanye dilakukan oleh calon pasangan capres dan cawapres untuk mendapatkan dukungan sebanyak-banyaknya dari berbagai kalangan. Dukungan dari masyarakat memang menjadi hal terpenting, Namun suara masyarakat biasanya dipengaruhi oleh beberapa aspek, baik itu internal maupun eksternal. Diantara aspek itu adalah adanya informasi mengenai dukungan dari orang-orang terpandang yang berpengaruh di masyarakat.

Terlibatnya pihak yang saat ini dikenal dengan sebutan influencer sangat efektif dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap capres dan cawapres. Saat ini pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf telah mendapat dukungan dari sederet orang yang berpengaruh dalam masyarakat , diantaranya ada:

  1. Surya Paloh
  2. Harry Tanoesoedibjo
  3. Oesman Sapta Odang
  4. Rosan Roeslani
  5. Erick Tohir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here