Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul Atas Prabowo-Sandi

0
83
Elektabilitas Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno (istimewa)
Elektabilitas Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno (istimewa)

elahan.comElektabilitas kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden telah diperbaharui oleh Y-Publica. Lembaga survei itu mengungkapkan pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul dari pasangan Prabowo-Sandi.

Survei tersebut dilaksanakan pada 8 Desember 2018 sampai 8 Januari 2019. Metode survei menggunakan multistage random sampling. Responden yang dijadikan narasumber berjumlah 1.200 orang, dengan margin error 2,98 persen dan tingkat kepercayaan sekitar 95 persen.

Pertanyaan yang diajukan kepada responden adalah ‘jika pemilu Presiden digelar hari ini, siapa di antara dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan dipilih sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia?’.

Rudi Hartono Direktur Y-Publica menyatakan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin tetap unggul dari pasangan nomor urut 2 Prabowo-Sandi.

“Elektabilitas yang dimiliki oleh pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin masih lebih unggul daripada pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Bahkan jarak antara keduanya masih terpaut lebih dari 20 persen,” kata Rudi hartono, Senin (14/1).

Jika dikategorikan menurut jenis kelamin, Jokowi-Ma’ruf Amin tetap unggul dari Prabowo-Sandi. Di kategori pemilih perempuan, paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf sebesar 54,5%. Prabowo-Sandi sebesar 31,6%, dan responden yang tidak menjawab sebesar 13,9%.

“Untuk kategori pemilih laki-laki. Jokowi-Ma’ruf unggul dengan perolehan suara 51,7%. Sedangkan Prabowo-Sandiaga memperoleh 36,2%, dengan responden yang belum memutuskan/tidak menjawab sebesar 12,1%,” kata Rudi.

Rudi Hartono juga memaparkan terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi menjadi 70,3 persen yang sebelumnya 70,9 persen.

“Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Jusuf kalla cenderung stagnan di angka 70 persen semenjak beberapa bulan terakhir,” tuturnya.

Tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja pemerintahan Jokowi dipengaruhi beberapa hal, diantaranya ekonomi 24,9 persen, korupsi 13,7 persen, sosial 8,1 persen, kesehatan 7,6 persen, lapangan pekerjaan 20,2 persen, narkoba 7,8 persen, dan biaya pendidikan 7 persen.

Menurut survei LSI Denny JA yang sudah rilis lebih dulu pada Desember 2018. Menyebutkan bahwa elektabilitas Jokowi-Ma-ruf tetap unggul sebesar 54,2 persen dan Prabowo-Sandi sebesar 30,6 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here