Enam Fakta Lengkap Mengenai Masjid Ridwan Kamil

0
50
Fakta mengenai masjid Ridwan Kamil Al Safar
Fakta mengenai masjid Ridwan Kamil Al Safar

Elahan.com, Arsitektur masjid Ridwan Kamil menjadi ramai diperbincangkan setelah Rahmat Baequni menyebut arsitektur masjid Al Safar yang berlokasi di Km 88 Tol Cipularang seperti identik simbol illuminati.

Sehingga masjid hasil karya arsitektur Ridwan Kamil menjadi perbincangan masyarakat. Untuk menjelaskan hal tersebut, Kang Emil, Rahmat Baequni dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan pertemuan perkara masjid tersebut.

Buat yang belum tahu, berikut fakta lengkapnya.

  • Ceramah antara Ridwan Kamil dan Rahmat Baequni

Ustaz Rahmat Baequni bersama Ridwan Kamil dan MUI Jawa Barat adakan dialog di Gedung Pusat Dakwah Islam  (Pusdai) pada Senin, 10 Junii 2019 lalu.

Dimana pada dialog itu membahas berbagai kontroversi mengenai desain Masjid Ridwan Kamil, Masjid Al Safar, yang dibuat oleh firma arsitek Urbane Indonesia.

Pada dialog tersebut, Rahmat Baequni dan Kang Emil masing-masing diberikan waktu 30 menit untuk menjelaskan.

  • Rahmat paparkan presentasi tentang paganisme modern

Presentasi Ustaz Rahmat Baequni pada dialog tersebut berjudul paganisme modern yang berisi perkembangan sejarah munculnya simbol-simbol yang ada hubungannya dengan zionisme dan iluminati. Lalu, Rahmat menjelaskan mengenai upaya zionis Yahudi yang menguasai dunia serta menunjukkan beberapa monumen yang ada di dunia dengan simbol segitiga dan mata satu.

Salah satu yang menjadi contoh adalah Tugu Geometri yang ada di Enginerring di Jeddah dan logo Kepolisian Arab Saudi. Baequni mengatakan bahwa simbol tersebut merupakan simbol Yahudi dan tidak layak untuk ada di dalam masjid. Dia menyebut simbol itu pernah muncul di masjid Pusdai Jabar.

  • Masjid Al Safar terinspirasi masjid di Turki

Latar belakang dari desain arsitektur masjid yang menimbulkan tafsir berbeda-beda di beberapa masjid di dunia arsitektur. Masjid yang menjadi pembahasan Emil salah satunya desain masjid Pusdai Jabar hasil karya dosen ITB Slamet Wirosanjaya. Dimana masjid tersebut disebut terinspirasi dari masjid yang ada di Turki. Desain atap dibuat miring agar air turun deras mengingat daerah tropis.

Emil juga menjelaskan arsitektur beberapa masjid yang dibuatnya masjid Al Irsyad terinspirasi Kabah, masjid Sulawesi Selatan yang terinspirasi dari 99 asmaul Husna, serta masjid dibuat untuk pusat dakwah di Spanyol, tepatnya di kota Sevilla.

  • Tanggapan mengenai isu iluminati
Al Safar Masjid Ridwan Kamil
Al Safar Masjid Ridwan Kamil

Poin yang dipermasalahkan adalah bentuk segitiga yang ada di Masjid Al Safar yang disebut menyerupai simbol illuminati. Alasan memilihbentuk geometri adalah karena estetika dalam Islam tidak mencerminkan makhluk hidup. Sehingga bentuk-bentuk lingkaran dan segittiga tidak bisa dihindari.

Emil menyebut, jika segitiga, lingkaran, elips, tidak boleh, karena dikaitkan dengan mata dajjal dan simbol-simbol illuminati, maka semua bentuk geometri sudah diambil semua dan tidak ada yang bisa digunakan lagi.

  • Masjid mirip arsitektur Al Safar

Masjid Al Safar ini menurut Emil terinspirasi dari bentuk alam yang tidak beraturan. Dalam ilmu arsitektur, segitiga adalah bentuk yang bisa memluk bentuk apa saja. Emill menyebut bentuk masjid merupakan trapesium yang bagian atasnya dipancung. Pintu yang disebut segitiga, dijelasin Emil ternyata berbentuk trapesium empat sisi.

Emil menyayangkan bentuk dari masjid-masjid lain yang memiliki bentuk geometri serupa seperti Masjid Al Ukhuwah, Masjid Raya Jakarta, dan Masjid Trans Studio serta bentuk masjid Nabawi.

  • Rahmat tidak bermaksud menjatuhkan Ridwan Kamil

Isu mengenai masjid Ridwan Kamil ini bukan sebagai bagian untuk menjatuhkan Gubernur Jawa Barat. Rahmat Baequni membantah argumen yang bermuatan simbol segitiga dan mata satu pada masjid Al Safar tidak berupaya menjatuhkan siapapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here