Fakta-Fakta Pelantikan DPR RI: Ketua Perempuan Pertama Hingga Anggota Termuda

0
8
Pelantikan DPR RI
Tanggal 1 Oktober dilaksanakan pelantikan DPR RI.

Elahan.com, Tanggal 1 Oktober selain diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila juga menjadi salah satu momen penting bagi Indonesia yang baru saja melakukan pelantikan DPR RI periode 2019-2024 yang dilangsungkan pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Dalam rangkaian acara pelantikan DPR RI ini hadir pula Presiden Joko Widodo beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyaksikan 575 wakil rakyat periode 2019-2024 diambil sumpahnya.  Sejak pukul 06.00 WIB jalur untuk menuju gedung DPR/MPR di Senayan telah dijaga oleh aparat keamanan. Para anggota DPR yang dilantik juga telah datang sejak pagi. Sehari sebelumnya mereka pun telah mengikuti pembekalan Empat Pilar yang diselenggarakan oleh MPR.

Selain hal-hal diatas, berikut adalah sejumlah fakta tentang pelantikan DPR RI periode 2019-2024

Sebanyak 575 Anggota DPR dilantik

Ada 575 anggota DPR RI periode 2019-2024 yang dilantik dan berasal dari sembilan partai politik. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapatkan jatah 128 kursi, Partai Golkar mendapatkan 85 kursi, Partai Gerindra mendapatkan 78 kursi, Partai NasDem mendapatkan 59 kursi, dan PKB mendapatkan 58 kursi. Selain itu ada Paritai Demokrat yang mendapatkan 54 kursi, PKS mendapatkan 50 kursi, PAN mendapatkan 44 kursi, dan PPP mendapatkan 19 kursi.

Anggota DPR Termuda

Salah satu anggota DPR dari fraksi NasDem Hillary Brigitta Lasut menjadi bahan perbincangan belakangan ini karena menjadi satu-satunya anggota DPR termuda dengan usia 23 tahun, Ia berasal dari partai NasDem dan mewakili Dapil Sulawesi Utara.

Selain itu, Hillary juga ditunjuk menjadi pimpinan sidang sebagai wakil ketua DPR semetara dalam acara pengambilan sumpah jabatan anggota DPR/MPR dan DPD RI. Hillary akan berduaet memimpin sidang dengan anggota DPR tertua yaitu Abdul Wahab Dalimunthe (80) yang berasal dari Partai Demokrat dan mewakili Dapil Sumatera Utara I.

Artis Lolos Ke Kursi DPR

Ada 14 artis yang berhasil lolos ke kursi Senayan dan ada 4 wajah baru yang menempati kursi anggota DPR yaitu Mulan Jameela dari Partai Gerindra yang mewakili Dapil Jawa Barat XI, Krisdayanti dari PDIP mewakili Dapil Jawa Timur V, Muhammad Farhan atau biasa dikenal dengan Farhan dari Partai NasDem mewakili Dapil Jawa Barat I, Tommy Kurniawan dari Partai PKB yang mewakili Dapil Jawa Barat V, Rano Karno dari PDIP mewakili Dapil Bante III, serta Nico B.P Siahaan dari PDIP mewakili Dapil Jawa Barat I.

Ketua DPR Perempuan Pertama

Tanggal 1 Oktober menjadi goresan sejarah untuk DPR. Puan Maharani, puteri dari Presiden Kelima Republik Indonesia berhasil menjadi perempuan pertama yang menempati posisi sebagai ketua DPR RI.

Selain itu posisi wakil ketua DPR RI masa bakti 2019-2024 ditempati oleh Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Rahmat Gobel dari Partai NasDem, Aziz Syamsuddin dari Partai Golkar, serta Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang berasal dari PKB.

Pengucapan sumpah dan janji Anggota DPR RI dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali. Usai mengucapkan sumpah, anggota DPR Ri yang telah terpilih menandatangani berita acara sumpah/ janji anggota DPR RI dan dilanjutkan dengan serah terima berita acara.

Tugas Anggota DPR Masa Bakti 2019-2024

Mulai per 1 Oktober 2019 para anggota DPR masa bakti 2019-2024 resmi bertugas. Mereka akan bekerja menyelesaikan sejumlah hal yang belum terselesaikan atau sedang berjalan. Diantara adalah menyelesaikan rancangan undang-undang (RUU) yang menjadi warisan anggora dewan periode sebelumnya seperti pembahasan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), serta RUU Mineral dan Batu Bara (Minerba).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here