Fakta PRJ Jakarta 2019, Promo Diskon Hingga Spot Foto Menarik

0
10
PRJ Jakarta 2019
Perhelatan PRJ Jakarta 2019 memiliki sejumlah keseruan bagi pengunjungnya.

Elahan.com, Ada acara yang wajib untuk dikunjungi setiap tahunnya untuk merayakan ulang tahun Jakarta yaitu Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair. Pekan Raya Jakarta ini merupakan pameran tahunan terbesar di Indonesia yang biasanya berlangsung selama satu bulan penuh, mulai dari pertengahan bulan Juni hingga pertengahan bulan Juli.

Acara yang diadakan di JIEXPO Kemayoran ini selalu mengundang banyak sekali artis papan atas tanah air yang tampil setiap malam selama pagelaran Jakarta Fair ini. PRJ Jakarta 2019 pun turut dilaksanakan dan tidak kalah special dan heboh dari tahun-tahun sebelumnya

Gelaran acara tahunan di Jakarta ini menawarkan banyak hal mulai dari hiburan untuk keluarga hingga surga belanja karena banyaknya brand yang menawarkan diskon besar-besaran mulai dari produk makanan hingga otomotif. Tak heran jika banyak yang memanfaatkan momen ulang tahun Jakarta untuk berbelanja.

Berikut sejumlah fakta tentang PRJ Jakarta 2019 yang perlu kamu ketahui.

51 Tahun Penyelenggaraan

Rupanya PRJ Jakarta 2019 memasuki usia ke setengah abad lho atau 51 tahun setelah pekan pertama diselenggarakan di tahun 1968. PRJ pertama kali diselenggarakan di kawasan Monas pada 5 Juni hingga 20 Juli 1968 dan dibuka oleh Presiden Soeharto dengan acara pelepasan merpati pos.

Pada awal penyelenggarakannya PRJ dinamakan dengan DF yang merupakan singkatan dari Djakarta Fair dalam ejaan lama. Akan tetapi nama tersebut masih digunakan namun dengan ejaan baru menjadi Jakarta Fair.

Mangan atau Haji Mangan yang saat itu menjabat sebagai Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) yang mengusulkan sebuah ajang pameran besar untuk meningkatkan pemasaran produksi dalam negeri yang tengah bangkit pasca tragedi G30S di tahun 1965 dan ide tersebut diberikan kepada Gubernur DKI saat itu yang dijabat oleh Ali Sadikin di tahun 1967.

Gagasan itu pun disambut baik oleh pemerintah DKI, sebab pemerintah DKI saat itu juga ingin membuat suatu pameran besar yang berpusat dan berlangsung dalam waktu lama sebagai upaya mewujudkan keinginan untuk menyatukan berbagai ‘pasar malam’ yang saat itu masih menyebar di sejumlah wilayah di Jakarta.

Maka itu, pemerintah DKI saat itu mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 8 Tahun 1968 yang menetapkan PRJ akan menjadi agenda tahunan dan diselenggarakan menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta yang dirayakan setiap 22 Juni. Disaat yang sama sebuah yayasan bernama Yayasan Penyelenggara Pameran Pekan Raya Jakarta pun dibentuk dan bertugas sebagai pengelola PRJ.

Ragam Kuliner Lokal

Setiap tahun penyelenggaraan Jakarta Fair pasti terdapat segala macam sajian makanan yang tentunya menggugah selera. Kuliner yang ditawarkan pun merupakan beragam mulai dari Khas Nusantara, oriental, barat sampai jajanan kekinian.

Area kuliner di Jakarta Fair ini pun terbagi menjadi lima titik yaitu, Pasar Malam di Pintu I, Pucuk Coolinary di Pelataran Hall D, Kampung Betawi di Gambir Expo, Millenial Foods dan Expo di Open Space.

JIExpo The Longest Concert

PRJ Jakarta 2019 disemarakan dengan konser musik

Pada acara Jakarta Fair 2019 ini diselenggarakan konser musik terbesar di Jakarta. Puluhan bahkan ratusan artis tanah air memeriahkan malam di JIExpo Kemayoran. Pemusik dari segala aliran musik pun tumpah ruah di konser musik ini. Mulai dari aliran dangdut, raggae, rock, hingga hip-hop.

Spot Foto yang Instagenic

Di Jakarta Fair 2019 juga menyediakan spot untuk berfoto yang unik dan Instagramable. Di sini terdapat Kota Cahaya atau City of Light yang menjadi salah satu tempat wisata terbaru di Jakarta Fair. Keindahan tata lampu yang dibentuk menjadi lampion-lampion unik dan bagus untuk dijadikan background yang cantik.

Waktu yang paling tepat ketika mengunjungi spot foto ini tentunya pada malam hari karena keindahannya akan lebih terlihat dari tata lampu yang sudah dibentuk menjadi beragam lampion.

Wahana Permainan Seru

Selain dijadikan surga belanja murah serta tempat berburu makanan menarik, Jakarta Fair pun memiliki berbagai wahana permainan yang seru untuk dinikmati oleh keluarga. Mulai dari Kora-Kora, Bianglala, Trampolin, Rumah Hantu, Snow Park, dan lainnya.

Promo dan Diskon Berlimpah

Untuk Anda yang suka berbelanja, PRJ menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi. Sebab, pada pagelaran tahunan ini terdapat sejumlah penawaran menarik berupa diskon hingga cashback besar-besaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here