7 Fakta Seputar Sri Prakash Lohia, Orang Kaya Indonesia Keturunan India

0
352
Konglomerat Sri Prakash Lohia
Fakta-fakta mengenai Sri Prakash Lohia

Elahan.com, Pernah mendengar nama Sri Prakash Lohia? Pria keturunan India ini merupakan orang terkaya di Indonesia versi Forbes dan Globe Asia. Dia adalah pebisnis di bidang tekstil.

Dia memang tidak seterkenal Kartono dan keluarga yang bergerak di bidang industri rokok. Pemberitaan mengenai Prakash memang relatif sedikit.

Sebagai orang yang masuk dalam jajaran orang terkaya, tentu harta kekayaannya tidak main-main. Sebagai triliuner Indonesia, hartanya sekitar US$6,9 miliar atau setara Rp102 triliun.

Dari sejarahnya, dia pindah ke Indonesia sejak tahun 1973 dari India. Sang Ayah, Mohan Lal Lohia, memang menjadi sosok penting dalam kesuksesan dia saat ini. Sesampainya di Indonesia, dia menjadi ‘juragan’ tekstil dan petrokimia sehingga memeiliki investasi di Afrika.

Fakta-fakta mengenai Prakash Lohia

1. Bisnis pertama adalah benang pintal

Awalnya, Sri Prakash menjalankan bisnis benang pintal bersama sang ayah. Nama usahanya adalah Indorama Synthethic yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Masa awal pendirian usaha ini memang masa-masa yang sulit. Namun, Sri dan ayahnya terus maju dan optimis sebab saat itu belum ada pemain besar yang bermain di bidang itu. Selain itu, mereka juga menyediakan bahan baku tekstil dan fasilitas manufaktur kualitas dunia di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, bahkan bisnis ini ekspansi hingga ke Thailand serta Uzbekistan.

2. Tahun 1980, Bisnis Keluarganya ‘Dipecah’

Agar tidak menimbulkan perpecahan antara anak-anaknya, Mohan Lal Lohia membagi bisnisnya pada masing-masing anaknya.

Kakak Sri Prakash, Om Prakash, mendapat bagian untuk mengelola Indorama Synthethics di kampung halamannya, India. Adiknya, Aloke Prakash, diberikan kewajiban mengelola Indorama Holding di Thailand. Sedangkan Sri Parakash sendiri tetap di Indonesia, yang berkewajiban mengelola dinasti bisnis yang sedang jayanya di masa itu. Tahun 1990, bisnis mereka memproduksi polyethylene terephthalate  (PET), sebagai bahan membuat botol plastik Coca Cola dan Pepsi.

3. Mengakuisisi Produsen Poliolefin di Nigeria

Sri Prakash Lohia
Sri Prakash Lohia tidak suka bermain Golf

Tahun 2006, Sri Prakash Lohia mengakuisisi Eleme, produsen poliolefin di Nigeria yang masih di bawah kendali Pemerintah Nigeria. Perusahaan tersebut diakuisisi saat kinerjanya sangat buruk. Setelah diakuisisi Prakash, malah jadi bagus. Sehingga membuat Indorama jadi salah satu penghasil poliolefin terbesar kedua di Afrika, bahkan diekspor ke 90 negara.

4. Tidak suka main Golf

Main Golf biasanya memang olahraga favorite bagi para pebisnis, diplomat, atau sekelas pejabat negara. Tapi tidak bagi Sri Prakash. Pria berusia 67 tahun ini lebih menyukai lari di threadmill saja.

5. Tinggal di Inggris

Meskipun menjadi pemilik Indorama, namun Sri Prakash tidak lagi tinggal di Indonesia. Prakash dan keluarga sudah lama tinggal di Inggris. Katanya, bisnis Indorama di Indonesia dikelola oleh anaknya, Amit Lohialah, lulusan dari Universitas Pennsylvania yang lulus dengan predikat Magna Cuma Laude. Sedangkan anaknya yang satu lagi, Shruti adalah lulusan dari Babson College.

6. Ipar dari orang terkaya keempat di India

Ternyata, Sri Prakash adalah saudara ipar dari Lakshmi Mittal, termasuk salah satu orang terkaya di India. Mittal merupakan bos ArcelorMittal yang menjadi produsen baja terbesar di dunia. Dikabarkan kekayaannya mencapai US$16,7 miliar atau sekitar Rp248 triliun. Lakshmi Mittal ini merupakan saudara kandung istri Sri Prakash, Seema Mittal.

7. Memiliki koleksi buku tertua di dunia

Hobi lain Sri Praksh Lohia adalah mengoleksi barang langka. Koleksi-koleksi ini berada di bawah Lohia Foundation. Bisa dicek di situs www.splrarebooks.com. Dalam koleksi tersebut ada buku yang berasal dari abad ke-16. Bahkan terdapat juga Holy Bible dan Alquran lama yang juga dikoleksi oleh pebisnis kaya ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here