Fakta Soal Tewasnya Abu Bakr al Baghdadi

0
14
Abu Bakr al Baghdadi
Abu Bakr al Baghdadi tewas dengan meledakan diri ketika telah tersudut oleh pasukan AS.

Elahan.com, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan kematian pemimpin ISIS, Abu Bakr al Baghdadi yang tewas pada Ahad, 27 Oktober 2019 akibat bom bunuh diri yang diledakan ketika diserbu oleh pasukan khusus AS di Idlib, Suriah.

Menurut pernyataan Trump jika pasukan AS juga membunuh sejumlah besar militas ISIS ketika terjadi penyerbuan itu yang puncaknya terjadi di ujung sebuha terowongan. Berita soal kematian pemimpin ISIS ini pun mendapatkan beragam respon, mulai meresponnya dengan positif hingga ada yang tidak percaya dengan pemberitaan ini.

Berikut adalah sejumlah fakta soal kabar tewasnya Abu Bakr al Baghdadi:

Kabar Mengejutkan dari Trump

Ada satu momen ketika sebelum Donald Trump mengumumkan kematian al Baghdadi, presiden Amerika Seikat ini mencuit bahwa dirinya akan menyampaikan hal penting di Gedung Putih, Washington pada Ahad, 27 Oktiber 2019 pagi waktu setempat.

Pada malam sebelumnya yaitu Sabtu, 26 Oktober 2019 malam waktu setempat, Trump mencuit pernyataan mengejutkan melalui akun Twitternya yaitu “Sesuatu sangat besar sedang terjadi.” Rupanya cuitan ini menjadi salah satu tanda jika akan ada kabar besar yang akan disampaikan.

Abu Bakr al Baghdadi Tewas dengan Meledakan Diri

Pemimpin ISIS al Baghdadi tewas setelah dirinya meledakan diri menggunakan rompi bom ketika sedang dikepung pasukan AS di Idlib, Suriah. Berdasarkan pernyataan Trump, ketika al Baghdadi meledakan diri dalam kondisi terjeput di sebuah terowongan bawah tanah.

Saat dikepung, al Baghdadai bersama dengan tiga anaknya. Trump juga mengklaim jika pemimpin ISIS ini telah terpojok dan dalam suasana ketakutan ketika diserang oleh pasukan AS. Trump pun mengutip laporan dari pasukan AS yang menyatakan jika tubuh al Baghdadi hansur akibat ledakan tersebut dan terowongan tempat persembunyiannya pun tuntuh dan menimpa tubuhnya, akan tetapi berdasarkan hasil tes menunjukan jika al Baghdadi dipastikan terbunuh dan jasadnya diarung ke laut.

Jasad Abu Bakr al Baghdadi Dibuang ke Laut

Usai tewasnya pemimpin ISIS al Baghdadi akibat meledakan diri, jasadnya kemudian oleh Militer Amerika Serikat ddibuang ke laut usai menjalani tradisi pemakaman sesuai ajaran Islam. Sejulah pejabat AS pun yang enggan disebut namanya tidak mengungkapkan secara jelas di mana lokasi ‘pemakaman’ pemimpin ISIS tersebut dan berapa lama prosesinya berlangsung. Selain itu, kedua pejabat AS ini pun menyatakan keyakinannya jika jenazah al Baghdadi dibaw ke lautan dengan sebuah pesawat.

Reaksi Rusia Terhadap Kabar Tewasnya Pemimpin ISIS

Sejumlah pemimpin negara di dunia menyampaikan sejumlah tanggapan mengenai kabar kematian Abu Bakr al Badghdadi, mulai dari mengutuk sang pemimpin ISIS hingga respon untuk tetap memberantas terorisme di seluruh dunia.

Mayor Jenderal Igor Konashenkov skeptis dengan kabar tewasnya Abu Bakr al Baghdadi

Namun, Rusia memberikan respon skeptis mengenai  hal ini. Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengatakan jika Kementerian Pertahanan Rusia tidak memiliki informasi yang bisa dipercaya terkait tewasnya Abu Bakr al Baghdadi.

Penumpasan Terorisme Masih Berlanjut

Mendapatkan pujian atas keberhasilan menumpas pemimpin ISIS, akan tetapi hal ini belum berakhir. Masing-masing negara menegaskan jika perjuangan dalam melawan ISI dan sel-selnya ini akan tetap berlanjut.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan jika kematian Baghdadi merupakan momen penting dalam perjuangan melawan teror, dan pertempuran melawan kejahatan ISIS belum berakhir.

Presiden Prancis Emmanuel Macron menegaskan, kendati Baghdadi telah tewas, namun perjuangan dalam menghancurkan ISIS secara penuh masih menjadi perjalanan yang panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here