Fosil Manusia Purba Misliya Ditemukan di Israel

0
13
Fosil manusia purba yang ditemukan di Gua Misliya
Fosil manusia purba yang ditemukan di Gua Misliya

elahan.com, Perkembangan zaman yang semakin modern meninggalkan sejarah dan peninggalan masa kuno yang masih diteliti, salah satunya fosil manusia purba yang masih utuh bentuknya hingga sekarang.

Tulang belulang makhluk hidup menjadi penemuan terbaru para arkeolog, yakni fosil manusia tertua dari jaman sebelum masehi. Homo sapiens merupakan tipe manusia sekarang yang sudah sejak 6000 tahun yang telah bermigrasi keluar Afrika. Temuan baru berupa fosil manusia di Israel.

Ditemukan di gua Israel

Seperti laporan dari Irish Times, fosil manusia purba yang ditemukan berupa tulang rahang bagian atas lengkap dengan gigi yang tersisa. Fosil ini diperkirakan merupakan jenis manusia modern yang sudah hidup sekitar 177.000 – 220.000 tahun yang lalu.

Fosil purba ini diberi nama fosil Misliya karena ditemukan di gua Misliya, sebuah gua di wilayah Israel. Fosil ini, menurut laporan dalam jurnal Science, ditemukan di celah sempit di Gunung Carmel bagian barat, Israel. Berdasarkan konfirmasi dari Hershkovitz, lead author dari Tel Aviv University, temuan fosil ini merupakan jenis spesies Homo Sapiens yang paling tua di dunia. Fosil ini punya anatomi tubuh yang sama dengan manusia modern setelah Masehi, hanya saja berbeda dalam interpretasi.

Fosil sebelumnya pernah ditemukan

Sebelumnya, masih di wilayah Israel, di dua lokasi tercatat pernah ditemukan fosil manusia purba, yaitu Dua Qafzeh dan Gua Es-skhul. Fosil yang ditemukan tersebut merupakan spesies manusia purba golongan Homo Sapiens yang diprediksi berusia 120.000 tahun yang ditemukan di Gua Misliya.

Hasil perkiraan usia fosil manusia purba, spesies manusia modern yang ditemukan sekarang ini sudah ada sejak 60.000 tahun llau di wilayah Timur Tengah. Di sebuah situs di Maroko yang bernama Jebel Irhoud, pernah ditemukan fosil Homo Sapiens yang diperkirakan berusia sekitar 315.000 tahun. Temuan dari ilmuwan bernama Jean Jacques Hublin dan tim ini menjadi situs fosil Afrika di zaman batu tengah paling tua.

Fakta lain penemuan fosil

Fosil manusia purba Misliya ditemukan di Israel
Fosil manusia purba Misliya ditemukan di Israel

Penjelasan dari Hershkovitz yang menjadi bagian tim antropolog yang meneliti fosil manusia purba Misliya, usia fosil ditentukan dengan menggunakan media berupa uranium dengan resonansi putusan elektron thermolunescence. Ternyata berdasarkan anatomi gigi fosil Misliya, urutan gigi tersebut sama dengan gigi manusia modern sekarang. Ada gigi seri dan taring melebar ke bagian luar dari gusi. Ada juga mahkota permukaan gigi yang terkesan tebal.

Menurut para peneliti, manusia purba ini hidup secara berkelompok. Dugaan ini diperkuat dengan ditemukannya peralatan batu yang berbentuk lancip. Peralatan ini digunakan homo sapiens untuk memotong tumbuhan atau menggali umbian di tanah.

Peralatan itu juga digunakan untuk berburu domba dan jenis rusa. Homo sapiens ini dipercaya para peneliti juga bisa menggunakan api, terbukti dari adanya bekas abu dari sedimen yang ada. Diduga lokasi tersebut dijadikan tempat perapian bertahun-tahun lalu.

Melihat kondisi di dalam gua, peneliti meyakini bahwa gua ini sudah ditempati sejak lama lintas generasi. Bahkan di dalam gua juga ditemukan lapisan telur unta yang terpendam sejak lama di tanah.

Selain itu, pada penemuan fosil manusia purba ini, tim peneliti juga menemukan material tanaman yang diprediksi dijadikan alas tidur manusia purba ketika masih hidup. Fosil Misliya diprediksi berasal dari Afrika Utara yang bermigrasi ke kawasan timur tengahh dekat Gunung Taurus bernama Levant yang berlokasi di barat Laut Mediterania. Ada juga di sisi utara gurun pasir di Arab Saudi serta bagian atas Timur Mesopotamia di negara Irak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here