Gempa Bumi Berkekuatan 5,8 SR Mengguncang Yogyakarta Dini Hari

0
68
gempa bumi di Yogyakarta dini hari
gempa bumi melanda Yogyakarta

elahan.com, Terjadi gempa bumi berkekuatan 5,8 Skala Richter yang mengguncang Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kejadian ini melanda kota Yogyakarta pada pukul 01.36 WIB. Berpusat 114 kilometer dari selatan Wonosari dengan kedalaman 62 kilometer.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Menurutnya pula berdasarkan hasil pantauan hingga pukul 02.00 WIB tidak terjadi aktivitas guncangan susulan. BMKG pun mengimbau masyarakat agar teteap tenang dan kondusif.

Berdasarakan catatan BMKG, bencana alam yang menimpa Kabupaten Gunungkidul rupanya juga terasa hingga Bantul, kota Yogyakarta, Karanganyar Jawa Tengah, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, Kabupaten Banjarnegara Jateng, Magelang dan Kabupaten Purworejo Jateng. Terasa pula di Sawahan Jawa Timur, Karangkates Jawa Timur, dan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

Terjadi pula di beberapa daerah lainnya, pihak BMKG mengungkap bahwa ini adalah faktor alam. Namun ada beberapa perbedaan Kekuatan gempa dalam skala intensitas MMI yaitu berkisar di MMI I, II dan III. Skala MMI I dikategorikan guncangan rendah maka artinya getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang saja. Skala MMI II dengan guncangan lebih besar dari MMI I diartikan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala MMI III memiliki getaran super dasyat,  berarti dapat diibaratkan getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu kencang.

Peristiwa alam gempa bumi akhir-akhir ini memang terus melanda Indonesia. Terjadi di Lombok dengan kekuatan besar pun hingga saat ini belum teratasi secara kondusif. Masih terus terjadi guncangan susulan yang meresahkan masyarakat.

Berberda dengan yang terjadi di daerah Lombok, Gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta masih tergolong aman. Meskipun dampak getaran dirsakan pada daerah – daerah lainnya. Guncangan yang terjadi dikatakan tidak berpotensi tsunami. Meski begitu warga diminta untuk tenang meski harus selalu berjaga – jaga dengan bahaya yang belum diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here