Gempa Bumi Bermagnitudo 7 di Ternate Berpotensi Tsunami, Warga Diminta Balik ke Rumah

0
11
Gempa bumi di Maluku Utara dan Sulawesi Utara
Gempa bumi di Maluku Utara dan Sulawesi Utara

Elahan.com, Gempa bumi dengan magnitudo 7 di Laut Maluku pada Minggu, 7 Juli 2019 malam membuat warga di Ternate, Maluku Utara panik. Menurut Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kota Ternate, Mansur P. Hali, menyebut sebagian warga evakuasi secara mandiri ke daerah yang dirasa cukup tinggi dan aman.

Menurut Mansur guncangannya terasa cukup kuat di Kota Ternate. Dirinya bercerita saat itu dia dan keluarga baru saja tertidur. Ketika terasa gempa, dia terbangun dan mengajak anggota keluarganya untuk menyelamatkan diri. Namun, di jalan sudah dipenuhi warga yang juga menyelamatkan diri.

Di kawasan tempat tinggalnya sendiri, Mansur menyebut sejauh ini belum ada laporan korban jiwa. Tetapi bagaimana kondisi di lapangan akan terus dipantau. Terlebih untuk kawasan Ternate bagian barat yang secara langsung berhadapan dengan laut Maluku.

Selain di Maluku Utara, kepanikan yang sama juga terjadi di Manado, Sulawesi Utara. Manado berada di barat laut Maluku, sehingga guncangan gempa juga kuat terasa. Karena guncangan gempa bumi di Sulut dan Malut cukup kuat, pemerintah Indonesia pada pukul 22.22 WIB (00.22 WIT) mengeluarkan peringatan tsunami untuk kawasan pantai Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Namun tepat pukul  04.05 WIT, BMKG resmi mencabut peringatan tsunami.

Setelah peringatan tsunami dinyatakan berakhir, warga yang menyelamatkan diri berangsur-angsur kembali ke rumah. Warga diharapkan sudah balik dari tempat evakuasi dan tetap terus berhati-hati.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun resminya menyebut pusat gempa ada di 136 kilometer barat daya Ternate. Sedangkan menurut data yang dikeluarkan badan geologi Amerika Serikat USGS, gempa berpusat di kedalaman 24 kilometer yang berada di perairan laut Maluku. Posisinya memang berada di antara Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Kekuatan gempa Maluku menurut USGS adalah 6,9.

Air Laut di Tugulandang sempat naik

Setelah gempa bumi magnitudo 7,1 yang terjadi di Ternate, air laut di kecamatan Tugulandang yang berada di kabupaten Kepulauan Siau Tugulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, dipantau naik sekitar 30-50 cm. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro Bob Wuaten melalui pesan singkat WhatsApp.

Tercatat ada dua kali gempa bumi yang terjadi di wilayah Ternate, Maluku Utara. Pertama bermagnitudo 7,1 yang terjadi pukul 22.08 WIB yang berlokasi di 0.50 LU dan 126.17 BT dengan kedalaman 10 km. Sedangkan gempa kedua terjadi di lokasi 0.54 LU, 126.19 BT dengan kedalaman 49 km bermagnitudo 7,0 yang terjadi pukul 22.08 WIB.

Terpantau 19 gempa susulan

Gempa bumi bermagnitudo 7 di Ternate
Gempa bumi bermagnitudo 7 di Ternate

BMKG mencatat hingga Senin, 8 Juli 2019 pukul 00.54 WIB, setidaknya ada 19 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) yang terjadi setelah gempa bermagnitudo 7 di Ternate yang dirasakan hingga Sulawesi Utara. Meski peringatan tsunami sudah dicabut, tetapi sesuai prosedur, BMKG terus memonitor perkembangan gempa bumi susulan dan juga tinggi permukaan air laut di enam stasiun seperti Ternate, Jailolo, Taliabu, Xanana, Tobelo, dan Bitung.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, pihaknya terus melakukan monitor di sekitar episentrum di dasar laut sebab ada beberapa gunung aktif dan juga batuan rapuh yang dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya longsor akibat getaran gempa bumi yang terjadi. Drikorita juga menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan PVMBG.

Tergolong Gempa Dangkal

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut gempa bumi bermagnitudo 7 di Ternate merupakan gempa dangkal. Hal ini ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman hiposenternya. Gempa bumi yang terjadi adalah gempa dangkal akibat deformasi kerak bumi pada lempeng Laut Maluku. Dwikorita juga meminta agar masyarakat hanya mempercayai informasi resmi dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here