Gempa Bumi Kembali Guncang Pulau Sulawesi

0
7
Gempa Bumi Sulawesi
Sejumlah titik di Sulawesi Selatan Mengalami Gempa Bumi.

elahan.com, Pulau Sulawesi kembali diguncang gempa bumi. Kali ini mengguncang Bulukumba, Sulawesi Selatan. Getaran gempa tektontik berkekuatan 4,8 SR terjadi pada hari Minggu (7/10/2018).

Menurut Informasi Badang Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Wilayah IV Makassar tersebut mengalami getaran baru dirasakan pada pukul 14:40:32 WITA dengan posisi 5.70 LS – 120.67 BT sekitar 59 km Barat Laut Tenggara Bulukumba.

Untuk yang kelima belas kalinya gempa menimpa wilayah Sulawesi Selatan.

Wilayah Bulukumba mengalami 11 kali gempa bumi, selebihnya mengguncang daerah Selayar dan Bentaeng.

“Sensor kami telah mendeteksi Bulukumba, Selayar dan Bentaeng, mengalami akitivitas seisimis,” kata Prakirawan BMKG Wilayah IV, Kaharuddin.

Ia menyebutkan guncangan gempa yang pernah terjadi dengan rentang 2.3 SR hinga 4.8 SR.

Wilayah Sulawesi Selatan tersebut merasakan gempa dengan skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

Guncangan akibat akitivitas Sesar Walanae dapat digolongkan gempa bumi dangkal. Walaupun begitu, masyarakat tetap harus waspada dan was-was. Hal ini karena potensi untuk terjadinya gempa susulan.

Selain itu , Kabupaten Sidarap (Sinderend dan Rappang), Sulawesi Selatan mengalami gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4,2 SR pada Selasa (9/10/2018).

Kejadin tersebut terjadi pada pukul 09:03:55 WITA.

Gempa dengan kedalaman 5 km berlokasiĀ pada titik koordinat 3.82 LS – 120.23 BT, 23 km tenggara Sidrap.

Tidak hanya dirasakan di satu derah saja, getaran juga dirasakan di Kota Palopo, Kecamatan Siwa, Kabupaten Wajo. Tak hanya itu, Kota Singkang, Kabupaten Wajo turut merasakan.

Disaat Pulau Sulawesi sedang mengalami duka akibat bencana alam, sejumlah provinsi lainnya juga merasakan perasaan yang dialami masyarakat di sana.

Seperti bocah-bocah asal Banyumas. Bocah SD Negeri Karacak dan SMP Negeri 5 Purwokero menggelar galang dana sebagai bentuk dukungan, simpati dan prihati terhadap musibah yang terjadi.

“Sebelum menggelar aksi galang dana, kami mengheningkan cipta terlebih dahulu di lapangan sekolah,” ungkapĀ Kepala SD Negeri Kracak Kecamatan Ajibarang, Wanto Tirta.

Dukungan juga datang dari Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman saat mengunjungi rumah sakit umum (RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo Makasar.

Iapun memberikan donasi untuk korban gempa bumi sebanyak Rp 250juta melalui rumah sakit Wahidin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here