Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Himbau Masyarakat dari Penyebaran Virus Corona

0
11
Gugus tugas penanganan covid-19
Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Himbau Masyarakat dari Penyebaran Virus Corona

elahan.com, Melalui gugus tugas penanganan covid-19 membantu pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga diri dari virus corona. Hal itu dilakukan dengan meminta masyarakat untuk tetap dirumah saja, melarang mudik selama lebaran, memakai masker dan rajin mencuci tangan atau hand sanitizer saat berada di luar rumah.

Pemerintah melalui persetujuan Menteri Kesehatan telah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah. Salah satu daerah yang menerapkan PSBB adalah DKI Jakarta, mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), baik ke luar atau masuk Provinsi DKI Jakarta, sebagai bentuk upaya pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

DKI Jakarta diketahui merupakan daerah dengan angka positif Covid-19 tinggi. Hal itu membuat Jakarta mengatur adanya Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) bagi masyarakat yang keluar dan masuk Ibu Kota. Sejalan dengan himbauan pemerintah melarang mudik di masa lebaran idul fitri.

Kepala Divisi Humas Polri Argo Yuwono juga mengimbau masyarakat agar tidak kembali masuk ke Jakarta, sebagaimana diketahui bahwa kasus positif COVID-19 di Ibu Kota paling tinggi.

“Bagi masyarakat yang tidak memiliki ketrampilan khusus dan tidak memiliki suatu keahlian diharapkan untuk tidak kembali ke Jakarta,” kata Argo.

Masa PSBB terus diperpanjang oleh Gubernur Anies Baswedan hingga 4 Juni 2020. Namun Anies mangubahnya menjadi PSBB Transisi. Itu merupakan langkah menuju masa new normal. Dimana aktivitas ekonomi-sosial mulai kembali di buka normal, namun dengan syarat2 yang ditentukan seperti tetap memperhatikan protokol kesehatan.

PSBB Transisi diberlakukan karena Anies merasa angka Covid-19 di DKI sudah stabil bahkan menurun. Setelah diberlakukannya masa kenormalan baru angka penyebaran Covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Gugus tugas penanganan Covid-19 terus membagikan informasi terkait angka penyebaran Covid-19. Melalui juru bicaranya Gugus tugas Covid-19 juga tetap mengedukasi masyarakat untuk terus menjaga kesehatan dan menjaga diri dari penyebaran virus corona dengan menjaga protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here