Hadi Pranoto Tidak Hadiri Panggilan Polda karena Sakit

0
10
Hadi Pranoto
Hadi Pranoto Tidak Hadiri Panggilan Polda karena Sakit

elahan.com, Hadi Pranoto tidak memenuhi panggilan kepolisian. Dijadwalkan akan diperiksa sebagai saksi terlapor pada pukul 10.00 WIB hari ini di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya ternyata tidak dapat hadir dengan alasan sakit. Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Menurutnya surat keterangan pemeriksaan dokter dan pengacara Hadi telah datang untuk menyampaikan ketidakhadiran kliennya.

“Hadi Pranoto hari ini enggak datang karena alasannya sakit. Tadi surat pemberitahuannya sama pengacaranya sudah diantar,” ujar Yusri.

Diketahui Hadi Pranoto dan Anji dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan penyebaran berita bohong pada konten YouTube Anji. Pengakuan Hadi Pranoto yang mengkalim dirinya menemukan antibodi Covid-19 berbuntut panjang. Dia dan Anji dilaporkan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid.

Laporan diterima polisi dengan nomor LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ  pelapor atas nama Muannas sendiri, dan terlapor atas nama Hadi Pranoto dan pemilik akun YouTube Duniamanji. Untuk pasal yang dilaporkan yakni terkait tindak pidana bidang ITE atau menyebarkan. Pihak kepolisian telah menaikkan kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan. Sehingga kasus itu dipastikan telah memenuhi unsur pidana atau pasal yang disangkakan.

Atas laporan tersebut, penyanyi Anji telah memenuhi panggilan kepolisian untuk pemeriksaan atas kasusnya tersebut. Sedangkan Hadi Pranoto yang dijadwalkan diperiksa hari ini harus dijadwalkan kembali karena berhalangan hadir sakit.

Tidak menerima begitu saja atas laporan dirinya, Hadi yang diakui sebagai ahli mikrobiologi melaporkan kembali Muannas Alaidid serta menuntut ganti rugi materil dan non materil sebesar Rp 150 triliun. Hadi sebagai penggugat merasa telah dirugikan secara langsung dan tidak langsung berupa materil dan immateril. Berikut rinciannya:

Materil
a. Produk yang siap edar Rp 10.000.000.000
b. Produk yang tidak jadi produksi/diedarkan Rp 1.000.000.000.000

Nonmateril
a. Dipermalukan di depan umum Rp 100.000.000.000.000
b. Menjadi tertekan/gangguan mental berakibat kesehatan Rp 40.000.000.000.000
c. Akibat teror terhadap keluarga Rp 8.990.000.000.000

 Kasus ini ramai dibicarakan oleh masyarakat yang sebelumnya tidak mengenal sosok Hadi. Namun Hadi mengklaim bahwa tidak ada yang salah dari ramuan antibody miliknya. Menurutnya itu sama seperti ramuan jamu pada umumnya yang dibuat dari tumbuhan alami di Indonesia yang berguna meningkatkan imunitas tubuh dan melawan virus Covid-19.

Kasus Hadi Pranoto Covid-19 kini telah menyeretnya ke ranah hokum. Atas laporan Muannas, kini Hadi dan Anji harus melewati beberapa panggilan Polda Metro Jaya yang juga akan memeriksa beberapa saksi.  “Saksi ahli juga dilakukan pemeriksaan yang pertama saksi ahli sosial, hukum dalam hal ini, ada saksi ahli di bidang IT dan juga saksi-saksi ahli tersangkut masalah sekitar pertama prof, penelitian dalam arti obat tersebut. Kalau tidak salah ada dari menristek di sini kita panggil ke sini,” tutur Yusri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here