Ilmuwan Deteksi Virus Covid-19 pada Air Mani Pria

0
18
covid-19
Ilmuwan Deteksi Virus Covid-19 pada Air Mani Pria

elahan.com, Ilmuwan asal China mendeteksi virus corona di dalam air mani pria atau sperma yang terinfeksi covid-19. Hanya saja masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah virus tersebut bisa ditularkan secara seksual atau tidak. Temuan dari penelitian terhadap pasien virus corona di rumah sakit China diterbitkan pada hari Kamis di jurnal medis JAMA Network Open. 

Penyebaran covid-19 di dunia telah hampir menyeluruh. Berbagai macam gejala yang ditimbulkan saat seseorang terinfeksi virus tersebut. Saat ini berbagai ilmuwan dunia saat ini sedang mencoba mengujikan alat test, obat maupun vaksin virus corona. Salah satu deteksi virus corona saat ini dilakukan melalui test PCR dari lender tenggorokan. Adapun test rapid melalui sampel darah juga sudah diterapkan di berbagai negara.

Namun virus corona jenis baru yang disebarkan melalui tetesan pernapasan atau kontak dan virus juga telah terdeteksi dalam feses, saliva, dan urine. Dikutip dari AFP, penelitian di rumah sakit Kota Shangqiu di Provinsi Henan, China menguji air mani atau sperma 38 pasien virus corona berusia 15 hingga 50 tahunan.

Hasilnya, bahan genetik dari virus corona ditemukan dalam sperma enam pasien – empat di antaranya berada pada “tahap infeksi akut” dan dua di antaranya sudah dinyatakan “sembuh.” Para peneliti mencatat bahwa penelitian ini “dibatasi oleh ukuran sampel yang kecil” dan penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk menentukan apakah virus dapat ditularkan secara seksual.

“Jika dapat dibuktikan bahwa SARS-CoV-2 dapat ditularkan secara seksual dalam studi di masa depan, penularan seksual mungkin menjadi bagian penting dari pencegahan penularan,” kata peneliti.

Hingga kini, para ilmuwan masih terus berjuang menguji vaksin yang dapat mencegah virus corona tersebut. Beberapa telah sampai pada tahap pengujian kepada manusia. Salah satu pendana vaksin corona adalah Pemilik Google yaitu Bill Gates. Vaksin koronavirus yang di danai Bill Gates ini disebut-sebut akan selesai di bulan September tahun ini. Berbagai negara sangat mengharapkan obat ataupun vaksin yang mampun menuntaskan penyebaran covid-19 di berbagai negara ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here