Informasi Seputar Pemindahan Ibu Kota Yang Perlu Kamu Ketahui

0
32
Informasi Pemindahan ibu kota
Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan dimulai pada 2024

elahan.com, Pemindahan ibu kota Indonesia telah diumumkan akan dipindahkan pada 27 Agustus 2019. Pengumuman yang disampaikan Presiden Joko Widodo diselenggarakan dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta. Ibukota akan dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Sejak kepresidenan Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono sudah didiskusikan tentang usulan pemindahan ibu kota Indonesia. Pada masa Presiden SBY, ide untuk membuat pusat politik dan administrasi Indonesia yang baru sangat didukung. Alasannya karena masalah lingkungan dan overpopulasi Jakarta.

Berikut informasi seputar pemindahan ibukota yang perlu kamu ketahui:

1. Berada di dua kabupaten

Lokasi pemindahan ibu kota negara yang ditetapkan pemerintah terletak di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara. Kedua kabupaten tersebut merupakan daerah yang tersambung di Kalimantan Timur. Lokasi ibu kota baru disebut sebagai lokasi yang paling ideal oleh Presiden Jokowi. Pemindahan ibu kota merupakan keputusan pemerintah setelah melakukan kajian intensif selama tiga tahun terakhir.

2. Alasan pemilihan tempat

Ada 5 alasan yang diutarakan Jokowi sebagai alasan memilih Kaltim dan meninggalkan kandidat lain di Pulau Kalimantan, yaitu:

Pertama, memiliki risiko bencana yang minim, baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, maupun tanah longsor.

Kedua, memiliki lokasi yang dinilai strategis, yaitu lokasinya berada di tengah-tengah wilayah Indonesia jika ditarik koordinat.

Ketiga, berada dekat perkotaan yang sudah terlebih dahulu berkembang, yakni Kota Balikpapan dan Kota Samarinda.

Keempat, memiliki infrastruktur yang relatif lengkap.

Kelima, merupakan lahan milik pemerintah dengan luas 180.000 hektar.

Pemindahan ibu kota ke Kalimantan
Informasi perihal Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur

3. Bukan salah  siapa-siapa

Presiden Jokowi telah menegaskan bahwa pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur bukan salah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tetapi Jokowi menyebutkan bahwa Jakarta sudah terlalu berat menanggung beban sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan dan pusat jasa. Selain itu, Jakarta juga memiliki beban berat karena memiliki bandara dan pelabuhan terbesar di Indonesia. Sehingga tidak mungkin membiarkan Jakarta dan Pulau Jawa semakin menanggung beban berat dalam hal kepadatan penduduk. Meskipun tidak lagi menjadi ibu kota, Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan. Jakarta akan dikembangkan baik skala regional maupun global untuk menjadi kota bisnis, kota keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa.

4. Pesiapan Pemindahan Ibu Kota

Persiapan rancangan undang-undang sebagai payung hukum akan segera dikerjakan. Sumber pendanaan pembangunan ibu kota baru Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur 19 persen berasal dari APBN. Kebutuhan untuk ibu kota baru kurang lebih berjumlah 466 triliun. Sedangkan sisanya berasal dari Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU dan investasi langsung swasta dan BUMN.

Selanjutnya persiapan yang dilakukan pemerintah, pemerintah mulai mematangkan regulasi, masterplan, dan desain tata ruangnya pada 2020. Dan diperkirakan proses pemindahan ibu kota baru dimulai pada 2024. Pembangunan akan dimulai pada akhir 2020 dengan melibatkan Gubernur Kalimantan timur Isran Noor.

5. Tanggapan pihak lain

Sekjen Partai Persatuan Pembangunan, Arsul Sani serta dosen Universitas Trisakti, Yayat Supriatna menyebutkan perlunya disahkan undang-undang agar keputusan pemerintahan Joko Widodo menjadi mengikat dan tidak diubah oleh presiden selanjutnya. UU 29/2007 tentang Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Jakarta menjadi dasar posisi Jakarta sebagai sebagai ibu kota.

Sultan Adji Muhammad Arifin, pemimpin Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, merasa bersyukur dengan pemindahan ibu kota negara dikarenakan wilayah tersebut merupakan tempat berdirinya Kerajaan Kutai yang merupakan kerajaan dengan bukti sejarah tertua di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here