Ingin Bekerja di BPJS Kesehatan? Baca Ini!

0
4
Tips sebelum mendaftar ke BPJS Kesehatan
Hal-hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar ke BPJS Kesehatan

elahan.com, BPJS Kesehatan merupakan singkatan dari Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial di bidang Kesehatan. Sebuah organisasi pengganti Asuransi Kesehatan (Askes) yang bertanggung jawab kepada presiden secara langsung. BPJS sebenarnya memiliki dua bidang yaitu kesehatan dan ketenagakerjaan yang menggantikan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Ada tiga kategori untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan, Peserta Penerima Upah (PPU), Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), dan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan merupakan setiap orang yang bekerja di suatu perusahaan yang mendaftar.

BPJS Kesehatan menargetkan agar semua warga negara Indonesia (WNI) juga warga negara asing (WNA) yang telah tinggal menetap selama enam bulan menjadi peserta. Hal ini harus terlaksana karena telah diatur dalam Undang-Undang tentang BPJS. Bertugas mengurusi masyarakat Indonesia, maka pantas BPJS Kesehatan membutuhkan karyawan yang memadai.

Masyarakat Indonesia juga banyak yang tertarik menjadi pegawai di BPJS Kesehatan. Bukan saja karena iming-iming gaji, tapi juga mengenai jaminan-jaminan yang didapat di luar gaji pokok. Maka tidak heran banyak yang berlomba-lomba mendaftar menjadi pegawainya.

Berikut adalah hal yang perlu diketahui kalau ingin bekerja di BPJS Kesehatan:

1. Tidak ada pendaftaran offline

BPJS organisasi milik negara yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam menjalankan fungsi pemerintahannya, BPJS wajib memenuhi hak konstitusional setiap warga negara. Maka untuk menjalankan itu semua diperlukan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional.

Setiap tahunnya selalu dilakukan penambahan jumlah karyawan untuk mendukung operasional pelayanan. BPJS menerapkan sistem saling tolong menolong, baik yang sehat kepada yang sakit, yang kaya kepada yang miskin, dan yang muda kepada yang tua. Agar dapat diterapkan dengan lancar, maka perlu dilakukan perekrutan karyawan.

Perekrutan karyawan tidak lagi dilakukan secara offline. Tidak ada lagi sistem mengantar berkas ke kantor atau mengirimkannya lewat pos. saat ini, pelamar yang ingin mendaftar cukup mengunjungi website resmi di alamat www.ppm-rekrutmen.com/BPJSKES. Para pelamar cukup melengkapi data-data yang diperlukan.

Kerja di BPJS Kesehatan
Hal-hal yang perlu diketahui sebelum kerja di BPJS Kesehatan

Para pelamar akan melewati beberapa tahapan sebelum benar-benar diterima. Mereka harus melewati tes administrasi secara online. Selanjutnya, mereka perlu melakukan tes bakat dan pengetahuan umum, tes komputer, tes psikologi, tes wawancara dan tes kesehatan secara langsung atau offline. Meskipun harus melalui proses yang panjang, banyak masyarakat yang tertarik dengan gaji di BPJS Kesehatan.

2. Siap di tempatkan di mana saja

Setelah menyelesaikan tahapan demi tahapan sampai akhirnya diterima. Pelamar tersebut harus menjalani masa percobaan selama dua tahun. Saat masa percobaan, pelamar wajib menandatangani kontrak kerja dengan syarat tidak diperbolehkan menikah, menerima ditempatkan di mana saja, dan ijazah ditahan sementara waktu. Namun pelamar boleh saja langsung mengundurkan diri sebelum menerima kontrak kerja tersebut. Apabila pelamar justru mengundurkan diri setelah menandatangani kontrak, mereka harus menanggung denda sebesar 200 juta rupiah.

Selama dua tahun menjalani masa ikatan dinas para pelamar tersebut masih disebut calon pegawai. Mereka baru ditetapkan sebagai pegawai tetap setelahnya dengan melihat performa kerja. Apabila telah ditunjuk secara resmi untuk kerja di BPJS Kesehatan maka mereka perlu harus menjalani selama 45 hari pendidikan dan latihan dasar militer (diklatsarmil).

Pegawai tetap BPJS Kesehatan akan pension di umur 54 tahun. Selama bekerja, para pegawai mendapat kesempatan jenjang karir secara terbuka. Apabila harus dipindahkan ke kota lain, maka semua biaya pindahan bersama keluarga ditanggung perusahaan. Bukan itu saja, biaya akomodasi juga ditanggung dalam satu tahun pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here