Ini Fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Siap Beroprasi Di 2021

0
13
Kereta cepat Jakarta Bandung
Kereta cepat Jakarta Bandung kini tengah dikerjakan dan akan menjadi kereta cepat pertama di Asia Tenggara.

Elahan.com, Indonesia sebentar lagi akan memiliki kereta cepat yang akan menghubungkan Jakarta-Bandung. Proyek yang menghabiskan total biaya sebesar Rp 80 triliun untuk proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung ini direncanakan rampung pada akhir tahun 2020. Keberadaan kereta cepat ini rupanya mejadi salah satu kebanggan Indonesia sebab menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki kereta cepat.

Proyek yang digarap oleh  Indonesia-Cina ini berdasarkan keterangan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, progres dari pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tunnel Walini ini akan mencapai 60 persen di akhir tahun 2019.

Berikut sejumlah fakta tentang proyek kereta cepat Jakarta-Bandung :

Bangun Stasiun di Karawang, Jakarta-Karawang Bakal Ditempuk 15 Menit

Kereta cepat Jakarta-Bandung bakal melintasi daerah Karawang, Jawa Barat. Adanya kereta cepat, masyarakat bisa menempun perjalanan Jakarta-Karawang hanya dalam waktu 15 menit lho. Kini stasiun di Karawan tengah dalam tahap pembangunan. PT KCIC mengatakan stasiun kereta cepat di Karawang tengah dalam tahap pembangunan.

Kereta yang memiliki kecepatan 350km/jam ini rencananya akan berhenti di setiap stasiun utama yang dimulai dari Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Walini, dan stasiun akhir yaitu Stasiun Tegalluar. Untuk mencapai Bandung hanya membutuhkan 35 menit saja.

Gunakan Tipe CR400AF

Kereta cepat Jakarta-Bandung ini bakal menggunakan kereta cepat generasi teranyar lho, yaitu CR400AF. Model ini didesain dengan menggunakan teknologi canggih sehingga memungkinkan kereta ini dapat beroprasi di 4 iklim. Salah satunya adalah iklim tropis yang memiliki kondisi suhu dan kelembaban yang tinggi layaknya Indonesia.

Berbeda dari tipe sebelumnya, CR400AF ini disebut lebih hemat energi , lebih handal, serta memiliki masa penggunaan yang lebih lama yaitu 30 tahun. Biaya perawatannya pun diklaim lebih rendah. Jelas Indonesia memilih ini.

Produksi Negeri Tirai Bambu

Kereta cepat tipe CR400AF ini merupakan generasi terbaru dari jenisnya yang merupakan hasil pengembangan dari CRRC atau China Railway Rolling Stock Corporation, Qingdao Sifang yang merupakan produsen raksasa kereta cepat asal Cina.

Desain Luar Kereta Api Cepat

Dilansir dari akun Instagram @keretacepat_id, terlihat desain luar dari kereta cepat Jakarta-Bandung ini. Kereta cepat tipe CR400AF ini memiliki moncong dibagian depan layaknya kereta cepat yang telah ada di Jepang maupun Cina. Kereta peluru ini dihiasi dengan ornamen warna kelir merah putih, sehingga membuat tampilannya mencerminkan Indonesia yang keren dan gagah ketika melesat dalam kecepatan tinggi.

Interior Kereta yang Mewah dan Berfasilitas Lengkap

 Dilansir dari akun Instagram @keretacepat.id, warga net bisa melihat kira-kira seperti ini bagian dalam kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan beroperasi di tahun 2021 ini. Fasilitas di dalam kereta dilengkapi dengan tombol, layar monitor, serta tuas untuk mengoperasikan kereta cepat.

Melihat ke gerbong pemumpang, bakal disediakan tempat duduk yang sangat nyaman yang didominasi dengan warna coklat. Kursi penumpang didesain dengan begitu lega. Pada kelas eksekutif atau bisnis, kursi bisa dijadikan sebagai tempat tidur. Untuk kelas ekonomi, kursi penumpang pun tidak kalah nyaman, kursi yang disediakan tentu memiliki kualitas yang bagus dan membuat penumpang merasa nyaman selama perjalanan.

Pada 1 rangkaian kereta cepar CR400AF terdiri dari 8 gerbong. Kereta ini dilengkapi dengan fitur cabin noise yang lebih rendah dari pendahulunya. Selain itu, tersedia 2 lighting arrester pada setiap rangkaiannya, sehingga mampu meningkatkan keamanan terhadap sambaran petir, terutama pada sisi peralatan tegangan tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here